Penulis Utama : Siwi Nur Wakhidah
NIM / NIP : D0213089
×

 

ABSTRACK

K-Pop menjadi salah satu budaya populer asing yang digandrungi oleh anak muda di Indonesia, khususnya para anak muda perempuan. Dominasi perempuan dalam KPop terlihat jelas dari berbagai kegiatan dan perilaku yang dilakukan oleh para penggemar budaya yang satu ini. Kegemaran para anak muda perempuan akan K-Pop menambah daftar panjang identitas kolektif yang mereka miliki, sehingga identitas personal mereka sebagai perempuan tersamarkan. Kajian dalam penelitian ini, memandang perempuan sebagai konsumen budaya populer, yang membentuk perilaku khas sebagai representasi identitas mereka, ketika berada di dalam sebuah festival K-Pop.

Tujuan dari penelitian ini ialah, untuk menemukan aspek representasi identitas dalam kajian feminis dan budaya populer di kalangan perempuan penggemar K-Pop di Surakarta. Peneliti menggunakan pengamatan, wawancara mendalam, serta tinjauan pustaka, sebagai teknik pengambilan data. Dan, menggunakan analisis interaktif dalam menganalisis data. Serta, triangulasi sumber sebagai teknik validasi data.

Hasilnya, ketika berada di festival K-Pop, identitas perempuan penggemar K-Pop akan terbagi menjadi dua, yaitu identitas personal sebagai perempuan dan identitas kolektif sebagai penggemar. Di mana, secara sadar mereka akan menampilkan identitas kolektif mereka, namun tanpa disadari hal tersebut dipengaruhi oleh identitas personal yang mereka miliki. Sehingga representasi identitas perempuan mereka akan ditampilkan menjadi hibriditas remix, dalam bentuk perilaku mereka yang ekspresif dikarenakan keberadaan kelompok dance cover dan cara berpakaian mereka.

Kata kunci: identitas, feminisme, anak muda, budaya populer, K-Pop

×
Penulis Utama : Siwi Nur Wakhidah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0213089
Tahun : 2017
Judul : Identitas Perempuan dalam Budaya Populer (Studi Kasus Representasi Identitas Perempuan dalam Perilaku Penggemar K-Pop di Festival Musik Populer Korea Selatan di Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Ilmu Sosia dan Ilmu Politik-Prodi Ilmu Komunikasi-D0213089-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Firdastin Ruthnia Y., S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.