Penulis Utama : Wahyu Shodiq Pramono
NIM / NIP : K5613080
×

ABSTRACK

Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperiment atau eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui perlakuan yang diberikan. Penelitian ini menggunakan subjek penelitian yang berjumlah 16 orang mahasiswa putra Pembinaan Prestasi Renang POK FKIP UNS tahun 2017. Teknik pengumpulan data dengan tes dan pengukuran. Data yang dikumpulkan menggunakan tes kecepatan renang gaya dada yang menempuh jarak 100 meter dari FINA handbook. Teknik analisis data menggunakan uji perbedaan (t-test) dengan taraf signifikansi ? = 0,05.

 Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan weight training squat dan standing calf raises dapat meningkatkan prestasi renang gaya dada 100 meter pada mahasiswa putra Pembinaan Prestasi Renang POK FKIP UNS tahun 2017 pada kelompok II yang merupakan kelompok eksperimen (t_hitung=4,960>t_tabel = 2,306 pada taraf signifikansi 5%). Kemudian dari hasil persentase peningkatan prestasi renang gaya dada 100 meter pada kelompok II (kelompok eksperimen) = 2,564% > kelompok I (kelompok kontrol) = 1,232%.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan terhadap kelompok II yang merupakan eksperimen yang menggunakan latihan weight training squat dan standing calf raises dengan t_hitung=4,960 lebih besar dari t_tabel = 2,306 sehingga terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan prestasi renang gaya dada 100 meter mahasiswa pembinaan prestasi renang POK FKIP UNS tahun 2017. Kemudian dari hasil persentase peningkatan terlihat bahwa latihan tehnik yang ditambah latihan fisik dalam hal ini latihan weight training squat dan standing calf raises yang dilakukan kelompok eksperimen berpengaruh dalam peningkatan prestasi renang gaya dada 100 meter dengan persentase peningkatan 2,564% lebih besar dari kelompok I yang merupakan kelompok kontrol yang hanya mendapatkan latihan tehnik dengan persentase peningkatan 1,232%.

Kata kunci : Penelitian Kuasi Eksperimen, Latihan weight training squat, Latihan standing calf raises, Prestasi Renang Gaya Dada 100 Meter

×
Penulis Utama : Wahyu Shodiq Pramono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5613080
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Weight Training Squat dan Standing Calf Raises terhadap Prestasi Renang Gaya Dada 100 M pada Mahasiswa Putra Pembinaan Prestasi Renang Pok FKIP UNS Tahun 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Olah Raga Dan Kesehatan-K5613080-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Tri Aprilijanto Utomo, M.Kes, Ph.D
2. Hendrig Joko Prasetyo, S.Pd, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.