Penulis Utama : Tri Widya Anindita Permatasari
NIM / NIP : K4613141
×

ABSTRACK

Tujuan penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar passing atas bolavoli melalui model pembelajaran explicit instruction pada siswa kelas X TP A SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.

Peneltian ini merupakan penelitian tindak kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dalam tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X TP A SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017 berjumlah 37 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa, data hasil belajar passing atas bolavoli diperoleh melalui tes, lembar observasi digunakan untuk mengumpulkan data kegiatan siswa didalam mengikuti proses pembelajaran passing atas bolavoli melalui model pembelajaran explicit instruction. Teknik analisis data melalui teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan prosentase.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli. Hasil belajar tersebut meliputi aspek afektif, kognitif dan psikomotor Dari 37 siswa hanya 27,03% atau 10 siswa yang mencapai nilai KKM pada kondisi awal, pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 62,16% atau 23 siswa yang mencapai batas tuntas. Selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 83,78% atau 31 siswa yang mencapai batas tuntas. Dengan demikian, penelitian tindakan kelas pada siswa kelas X TPA SMK Negeri 4 Sukoharjo dalam meningkatkan hasil belajar melalui model pembelajaran explicit instruction ini dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa.

Simpulan penelitian ini adalah melalui model pembelajaran explicit instruction dapat meningkatkan hasil belajar passing atas bolavoli pada siswa kelas X TP A SMK Negeri 4 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017

Kata Kunci :Passing atas bolavoli, model pembelajaran explicit instruction, hasil belajar

×
Penulis Utama : Tri Widya Anindita Permatasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613141
Tahun : 2017
Judul : Peningkatan hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Melalui Model Pembelajaran Explicit Instruction pada Siswa Kelas X TP A SMK Negeri 4 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak Keguruan dan Ilmu Pengetahuan-Prodi Pendidikan Olah Raga Dan Kesehatan-K4613141-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes
2. Djoko Nugroho, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.