Penulis Utama : Dimas Harjanto
NIM / NIP : C0513010
×

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui:  (1)  sejarah  munculnya industri  kerajinantandukdi Desa Keprabon Kecamatan  Polanharjo. (2) tumbuhdan berkembangnya industri kerajinan rumah tangga di Desa Keprabon Kecamatan Polanharjo tahun 1980-2005. (3) pengaruhindustrirumah tangga terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat Desa Keprabon Kecamatan Polanharjo.

Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan sumber- sumber primer seperti wawancara, dan kajian dokumen.Di samping itu juga ditunjang dengan literatur yang relevan.Analisis data dalam penulisan historiografi ini  menggunakan  pendekatan  sosial  dan  ekonomi  dalam  bentuk  penelitian kualitatif dan bersifat deskriptif analitis. Proses pengumpulan data bersumber dari data monografi Desa Keprabon, dokumen dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Klaten dan wawancara kepada para pengrajin tanduk.

Hasil yang diperoleh melalui penelitian menjelaskan industri kerajinan tanduk di Desa Keprabon Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten, berawal dari industri rumah tangga yang telah berlangsung selama puluhan tahun dan diwariskan  secara  turun  temurun.Joyo  Buardidianggap  sebagai  seorang  tokoh yang pertama kali memperkenalkan ketrampilan tentang kerajinan tanduk kepada penduduk di Desa Keprabon.Industri kerajinan tanduk di Desa Keprabon mulai berkembang dengan baik sejak masuknya alat-alat produksi dengan tenaga mesin pada tahun 1993-1999.Dengan adanya usaha kerajinan tanduk ini kehidupan masyarakat  setempat  mengalami  perubahan  baik  di  bidang  sosial  maupun ekonomi, sehingga bisa meningkatkan taraf kehidupan para pengrajin dan masyarakat setempat yang terlihat dari hasil pendapatan yang mereka peroleh bisa untuk mencukupi keperluan sehari-hari.

Dari analisis data penulis dapat menyimpulkan bahwa Keberadaan industri kerajinan tanduk di Desa Keprabon telah ada sejak tahun 1980. Dalam perkembangannya industrikerajinan tanduk telah memberikan pengaruh terhadap kehidupan sosial ekonomi masyarakat  Desa Keprabon. Perubahan tersebut dapat dilihat dari segi pendapatan ekonomi masyarakat yang semakin bertambah baik dan segi sosial adanya perubahan status sosial, hubungan sosial serta perubahan nilai sosial budaya.Meskipun dalam beberapa aspek kehidupan masyarakat mengalami  perubahan,  namun  dalam  keseharian  tidak  terjadi  perubahan  yang mencolok.

 

×
Penulis Utama : Dimas Harjanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0513010
Tahun : 2019
Judul : Industri Kerajinan Tanduk di Desa Keprabon Kecamatan Polanharjo Kabupaten Klaten Tahun 1980-2005
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FIB Prog. Studi Ilmu Sejarah-C0513010-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Isnaini. W.W.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.