Penulis Utama : Ricky Miswan Trisnandar
NIM / NIP : I0112124
×

Perusahaan penyedia jasa konstruksi akan dituntut untuk selalu mengembangkan kualitasnya agar dapat bersaing di dunia industri lokal maupun global, termasuk pada era Masyaratakat Ekonomi Asean (MEA). Dengan adanya MEA tahun 2016 ini, dunia jasa konstruksi nasional dituntut untuk selalu berkembang dan bertumpu pada pola pikir yang strategik untuk menentukan strategi yang relevan dalam menghadapi pasar yang semakin kompetitif, termasuk juga Konsultan Perencana. Bidang kontruksi pun tak luput dari hal tersebut sehingga harus berbenah sehingga dapat bersaing dalam hal teknologi maupun tenaga kerja. Dengan ketersediaan sumber daya manusia yang cukup banyak di Indonesia, maka aspek SDM merupakan salah satu bagian yang perlu diperhatikan dalam menghadapi MEA. Karena hal tersebut diperlukanlah strategi untuk menyiapkan SDM yang mampu bersaing dalam menghadapi MEA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor strategis perusahaan, pengembangan alternatif-alternatif stratrgi, dan perumusan strategi Dibidang SDM untuk menentukan pilihan-pilihan alternatif strategi secara cepat dan handal dalam analisi SWOT pada kontraktor golongan menengah di wilayah Surakarta.
Penelitian ini menggunakan Analisis SWOT dengan mengevaluasi strengths, weaknesses, threats dan opportunieses dari data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner kepada kontraktor kelas menengah di wilayah Surakarta untuk merumuskan strategi yang tepat dibidang SDM.
Hasil dari penelitian ini didapat strategi yang paling tepat yaitu memperbaiki komunikasi dalam perusahaan dengan jalan meningkatkan sistem kepemimpian yang mampu untuk menciptkan lingkungan dan iklim kerja yang sehat, pengawasan yang yang mampu mengatur motivasi kerja yang lebih, menguatkan sifat etika kerja yang diimbangi dengan penggunaan teknologi dan sarana prasarana untuk menunjangnya.

 

×
Penulis Utama : Ricky Miswan Trisnandar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0112124
Tahun : 2019
Judul : Manajemen Strategi Konsultan Perencana di Bidang SDM dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2019
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I0112124-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Sugiyarto, MT
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.