Penulis Utama : Siti Hafidzah Assalma’
NIM / NIP : B0515038
×

Penelitian ini bertujuan merancang sistem digital sebuah kamus dwibahasa Arab-Indonesia untuk tingkat menengah pertama. Data diambil dari buku “Bahasa Arab Kelas 7 (tujuh), 8 (delapan), 9 (Sembilan) tingkat menengah pertama” milik Kementerian Agama Republik Indonesia karya Zainal Muttaqin, dkk yang diterbitkan oleh Kementerian Urusan Agama Republik Indonesia.
Metode penyediaan data yang digunakan adalah metode simak dengan teknik dasar teknik sadap. Metode analisis data yang digunakan adalah metode padan translasional dengan teknik pilah unsur penentu dengan daya pilah translasional untuk menyeleraskan terjemah kata dari bahasa Arab ke bahasa Indonesia.
Hasil penelitian ini mengembangkan produk kamus Arab-Indonesia untuk inovasi dalam pembelajaran bahasa Arab di Sekolah Menengah Pertama. Pengolahan data leksikon menggunakan aplikasi AntConc dengan beberapa tahapan. Yaitu, pertama pengolahan objek dengan beberapa proses, yaitu: pemilihan bacaan, pengalihan teks, pengoprasian AntConc, penghitungan jumlah dan frekuensi leksikon. Kedua, pengkategorian leksikon dalam bahasa Arab. Pengembanga kamus menggunakan aplikasi App Inventor yang tersedia dalam versi aplikasi offline.

 

×
Penulis Utama : Siti Hafidzah Assalma’
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B0515038
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Kamus Arab-Indonesia Tingkat Menengah Pertama Bebasis Android
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Arab-B0515038-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Muhammad Ridwan, S.S., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.