Penulis Utama : Audina Rahma Fitriani
NIM / NIP : F1217011
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menguji: 1) pengaruh praktik SDM berorientasi keragaman pada keterlibatan kerja, 2) Pengaruh mediasi iklim keragaman antara praktik SDM yang berorientasi keragaman dan keterlibatan kerja, 3) pengaruh moderasi kepemimpinan berorientasi keragaman antara praktik SDM yang berorientasi keragaman dan keterlibatan kerja, 4) pengaruh moderasi keragaman kelompok (gender, usia, masa kerja, keahlian) antara praktik SDM yang berorientasi keragaman dan keterlibatan kerja, Penelitian ini dilakukan pada karyawan PT. DIC Graphics di Jakarta, dengan jumlah responden sebanyak 135 orang. Pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik convenience sampling dan teknik pengolahan data menggunakan SEM-PLS.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) praktik SDM berorientasi keragaman mempengaruhi keterlibatan kerja, 2) pengaruh antara praktik SDM berorientasi keragaman dan keterlibatan kerja menjadi lebih kuat jika iklim keragaman berada diantaranya 3) kepemimpinan berorientasi keragaman tidak memperkuat ataupun memperlemah pengaruh antara praktik SDM yang berorientasi keragaman dan keterlibatan kerja, 4) keragaman usia, gender, dan keahlian memperkuat pengaruh antara praktik SDM yang berorientasi keragaman dan keterlibatan kerja, 5) keragaman masa kerja tidak memperkuat ataupun memperlemah pengaruh antara praktik SDM yang berorientasi keragaman dan keterlibatan kerja,
Keterbatasan dalam penelitian ini kuesioner tidak disebar secara langsung, namun melalui bagian personalia atau SDM. Sehingga penulis tidak dapat menentukan responden secara langsung, dan kesempatan karyawan untuk menjadi responden pun terbatas. Oleh karena itu diharapkan dalam penelitian selanjutnya dapat melengkapi keterbatasan ini.

Kata Kunci: praktik SDM berorientasi keragaman, keterlibatan kerja, iklim keragaman, kepemimpinan berorientasi keragaman, keragaman kelompok.

 

×
Penulis Utama : Audina Rahma Fitriani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1217011
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh praktik sdm berorientasi keragaman pada keterlibatan kerja yang dimediasi oleh iklim keragaman serta dimoderasi oleh kepemimpinan berorientasi keragaman dan keragaman kelompok (Studi pada karyawan PT. DIC Graphics di Jakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Manajemen-F12170112019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Joko Suyono, S.E., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.