Penulis Utama : Bunga Nur Khoirun Nofi
NIM / NIP : F1217016
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko dan inovasi terhadpa niat perilaku untuk menggunakan sistem pembayaran non¬-tunai pada OVO dan menguji pengaruh persepsi kegunaan persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko dan inovasi terhadap sikap konsumen serta menguji pengaruh sikap konsumen terhadap niat perilaku menggunakan sistem pembayaran non-tunai pada OVO.
Populasi pada penelitian ini adalah pengguna sistem pembayaran non-tunai yang mempunyai niat untuk menggunakan OVO. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 302 responden yang bersedia mengisi kuesioner yang telah disediakan secara online. Pengambilan sampel ini dilakukan dengan metode purposive sampling.
Dalam penelitian ini variabel yang diuji adalah persepsi kegunaan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko, inovasi, sikap konsumen dan niat perilaku. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji goodness of fit dan uji hipotesis. Dalam pengujian ini, alat analisis yang digunakan yaitu software SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi kegunaan memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan terhadap sikap konsumen, persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, persepsi kepercayaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, persepsi resiko memiliki pengaruh negatif tetapi tidak signifikan terhadap sikap konsumen, pengaruh inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap sikap konsumen, dan sikap konsumen memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat perilaku.

Kata kunci : persepsi kegunana, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, persepsi resiko, inovasi, sikap konsumen, niat perilaku, technology acceptance model (TAM).

 

×
Penulis Utama : Bunga Nur Khoirun Nofi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1217016
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh persepsi pengguna dan inovasi terhadap niat perilaku untuk menggunakan sistem Cashless (Studi kasus pada pengguna Cashless OVO)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Manajemen-F1217016-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Lilik Wahyudi, S.E., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.