Penulis Utama : Yasin Surya Wijaya
NIM / NIP : K3215064
×

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan simbolisme visual yang terdapat pada tokoh-tokoh topeng Panji, (2) Mengetahui apa saja nilai pendidikan  karakter  yang  terkandung  dalam  simbolisme  visual  tokoh-tokoh topeng   Panji,   (3)   Mengetahui   relevansi   nilai   pendidikan   karakter   dalam simbolisme visual topeng Panji dalam pembelajaran apresiasi seni rupa di SMA.

Penelitian ini menggunakan pendekatan   diskriptif kualitatif dengan strategi tunggal terpancang. Teknik pengambilan sampel menggunakan snowball sampling dan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Data diuji keabsahanya dengan cara review informan dan triangulasi sumber. Data dianalisis menggunakan teknik analisis alir dengan prosedur reduksi, display, dan verifikasi.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) Simbolisme visual Topeng Panji meliputi warna, yaitu   Putih (suci dan setia), hijau (kesuburan dan kedamaian), merah (pemberani, angkara murka & jahat), dan kuning (kesenangan dan ceria).   Jamang terdiri dari Jamang rujen (bijaksana, kesatria, handal, & waspada)  dan  jamang  relung  (kesederhanaan  dan waspada).  Alis  berupa Alis tanggalan (kelembutan, baik & kasih sayang), dan alis manjangan ranggah (gesit, perwira, & kuat). Bentuk mata berupa mata kedhelen (gagah berani, berjiwa pemimpin, tangkas & jujur), mata leyepan (sabar, lembut, gesit& perwira), dan mata thelengan (plelengan) (tangguh, pantang menyerah & gagah berani). Hidung berupa hidung walimiring (baik, halus, & lembut), dan hidung pangotan (kasar, keras & gagah berani). Mulut berupa prengesan (jujur, baik, bijaksana & murah senyum), berkumis, jawes dan janggut nalatawon. (2) Nilai pedidikan karakter yang tercermin dalam simbolisme visual topeng Panji meliputi suci, setia, kesuburan, kedamaian, pemberani, angkara murka, jahat, kewaspadaan, kuat, tangguh, kelembutan, baik, kasih sayang, gesit, perwira, berjiwa pemimpin, tangkas, jujur, pantang menyerah, gagah berani, halus, kasar, keras, bijaksana, kesatria, handal, dan ceria. (3) Terdapat 15 nilai karakter dalam kurikulum 2013, dan 28 nilai karakter dalam cerminan simbolisme visual topeng Panji, dengan demikian terdapat 8 pasang nilai karakter yang relevan yaitu, kedamaian-damai, perwira-tanggung jawab, sabar-bersyukur, kelembutan-santun, kasih sayang- peduli, gesit-responsif, tangkas-proaktif, dan jujur-perilaku jujur. Selain itu visual topeng Panji dapat digunakan sebagai alternatif materi atau objek pembelajaran apresiasi seni rupa.

 

×
Penulis Utama : Yasin Surya Wijaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3215064
Tahun : 2019
Judul : Kajian Nilai Pendidikan Karakter dalam Simbolisme Visual Topeng Panji & Relevansinya pada Pembelajaran Apresiasi Seni Rupa di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K3215064-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.