Penulis Utama : Fauzan Dary Setyawan
NIM / NIP : D0315026
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui peran keluarga dalam keseharian bagi anak penyandan tunanetra di SLB/A YKAB Kota Surakarta. (2) mengetahui pola pembinaan yang dilakukan oleh SLB/A YKAB Kota Surakarta bagi anak penyandang tunanetra yang ada di Yayasan tersebut. (3) Mengetahui upaya yang dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran sosial dan kreatifitas bagi anak penyandang tunanetra yang ada di SLB/A-YKAB Kota Surakarta.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tidak tidak berpartisipasi dan wawancara mendalam. Penelitian ini menggunakan teori Peran Robert Linton, teori peran merupakan perpaduan teori, orientasi, maupun disiplin ilmu, selain dari psikologi. Teori peran berawal dari dan masih tetap digunakan dalam sosiologi dan antropologi  (Sarwono,  2002). Kemudian  juga  menggunakan teori Modal Sosial oleh Fukuyama, teori modal sosial terdiri dari beberapa unsur seperti kepercayaan, timbal balik, jaringan sosial, interaksi sosial, norma dan tanggung jawab. Teknik pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan terdiri dari empat tahap yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) SLB/A YKAB Kota Surakarta memberikan  pembinaan  bagi  murid-murid  penyandang  tunanetra  yang  berada disana   menggunakan   faktor   Kepercayaan,   yaitu   Menjadi   orang   tua   yang memberikan  perhatian  dan  kasih  sayang  layaknya  seperti  orang  tua  kandung mereka. Kemudian faktor tanggung jawab, menjadi seorang guru yang memberikan ilmu dan pembelajaran sesuai dengan jenjang pendidikan yang sedang mereka tempuh. (2) Selain itu diberikan pula faktor Jaringan sosial, para murid diberikan materi tambahan berupa Orientasi Mobilitas. (3) Dan dalam menumbuhkan kesadaran sosial sesuai dengan faktor Interaksi Sosial adalah diberikan dengan mengajak para murid untuk berinteraksi dengan warga sekitar, seperti dalam mata pelajaran Orientasi Mobilitas, para murid diajak untuk keluar dari lingkungan sekolah dan berinteraksi dengan masyarakat umum diluar lingkungan sekolah dan diberi tambahan pelajaran ekstrakurikuler seperti karawitan, musik, massage, dan olahraga seperti tenis.

Kata Kunci: Pembinaan, Keluarga, Kesadaran Sosial, Kreatifitas.

 

×
Penulis Utama : Fauzan Dary Setyawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0315026
Tahun : 2019
Judul : Pola pembinaan siswa di Sekolah Luar Biasa/A Yayasan Kesejahteraan Anak-anak Buta Surakarta dalam membentuk kesadaran sosial, kreativitas dan keterampilan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Sosiologi-D0315026-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Rahesli Humsona M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.