Penulis Utama : Heni Nugraheni
NIM / NIP : F1217036
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh effort-reward imbalance (ERI) di tempat kerja pada burnout, turnover intentions dan mental health. Penelitian ini dilakukan pada karyawan rumah sakit Pku Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini mengambil jumlah sampel 221 perawat yang diambil dengan metode teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisioner sedangkan untuk menguji hipotesis yang telah  dirumuskan  penelitian  ini  menggunakan  persamaan  struktural  (SEM) dengan aplikasi SmartPLS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa effort-reward imbalance (ERI) memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap job satisfaction. Kemudian job satisfaction berpengaruh negatif signifikan terhadap burnout dan turnover intentions, tetapi negatif tidak signifikan terhadap mental health. Yang terakhir menunjukkan  bahwa  job  satisfaction  memediasi  sebagian  hubungan  effort- reward imbalance terhadap burnout, turnover dan mental health.
Penelitian ini memiliki keterbatasan yaitu terbatasnya sampel penelitian yang  hanya  dilaksanakan  pada  rumah  sakit  Pku  Muhammadiyah  Surakarta. Sehingga    dalam    penelitian    selanjutnya    diharapkan    dapat    melengkapi keterbatasan  untuk  hasil  yang  lebih  variatif  guna  melengkapi  keterbatasan penelitian ini.

Kata  kunci  :  Effort-reward  Imbalance,  Job  Satisfaction,  Burnout,  Turnover Intentions, dan Mental Health.

×
Penulis Utama : Heni Nugraheni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F1217036
Tahun : 2019
Judul : Pengaruh Effort-reward Imbalance (ERI) di tempat kerja pada burnout, turnover intentions dan mental health (Studi pada karyawan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi dan Bisnis - 2019
Program Studi : S-1 Manajemen Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi dan Bisnis-Jur. Manajemen-F1217036-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mugi Harsono, S.E, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.