Penulis Utama : Zulva Rizky Annisa
NIM / NIP : K7413190
×

Bagaimana pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta. (2) Kendala yang dihadapi dan solusi dalam pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Key informan/informan kunci penelitian ini adalah Kepala Sekolah SMK Batik 1 Surakarta. Adapun informan pendukung yaitu; Ketua Tata Usaha, personel tata usaha sebagai pelaksana pelayanan tata usaha dan guru, peserta didik serta wali murid sebagai sasaran pelayanan tata usaha. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan analisis dokumen. Teknik pengambilan subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive snowball sampling. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis interaktif dengan aktivitas yang meliputi reduksi data, penyajian data serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Pengujian keabsahan data dilakukan melalui triangulasi metode dan sumber.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan kegiatan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta mencakup: (a) Mencatat. (b) Mengetik. (c) Menghimpun. (d) Mengolah. (e) Menggandakan. (f) Memberikan kode/nomor surat. (g) Mengirim. (h) Menyimpan. (2) Pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta diukur melalui: (a) Bukti fisik (Tangibles). (b) Keandalan (Reliability). (c) Ketanggapan (Responsiveness). (d) Jaminan dan kepastian (Assurance). e) Perhatian (Emphaty). (3) Kendala yang terjadi pada pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta adalah: (a) Pelaksanaan tugas yang belum sesuai dengan pembagian job deskripsi. (b) Pengagendaan surat masuk dan keluar belum terlaksana dengan baik. (c) Kurangnya sarana dan prasarana pendukung. (d) Kurangnya keterbukaan antara atasan dan bawahan. (4) Solusi dari peneliti atas kendala pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta adalah: (a) Personel tata usaha harus mengembangkan kompetensi yang dimiliki melalui keikutsertaan dalam berbagai pelatihan. (b) Personel tata usaha harus mengadakan pengagendaan surat menggunakan sistem satu pintu. (c) Menambah sarana dan prasarana untuk menunjang kegiatan pelaksanaan pelayanan tata usaha. (d) Sikap keterbukaan antara atasan dan bawahan.

Kata kunci : pelayanan sekolah, administrasi sekolah, tata usaha

×
Penulis Utama : Zulva Rizky Annisa
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413190
Tahun : 2017
Judul : Pelaksanaan pelayanan tata usaha di SMK Batik 1 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Administrasi Perkantoran-K7413190-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Tri Murwaningsih, MSi
2. Dra. Patni Ninghardjanti, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.