Penulis Utama : Naomi Agnes Mathilda Claudia
NIM / NIP : D1217033
×

ABSTRAK

Media  sosial  memiliki  pengaruh  yang  kuat  dalam  kehidupan  manusia salah satunya untuk menunjukkan brand image seseorang. Media sosial yang saat ini sangat digemari adalah Instagram. Media yang khusus untuk menampilkan foto ataupun video sangat efektif untuk menunjukkan brand image seseorang, tidak terkecuali selebgram (selebrity Instagram). Penelitian ini memilih tiga selebgram Indonesia yang tertarik dalam bidang fashion yaitu Tiara Pangestika, Shafa Harris dan Alyssa Daguise, hal ini dikarenakan ketiga selebgram termasuk ke dalam kategori macro influencer dan prestasi yang mereka miliki.
Penelitian   ini   menggunakan   pendekatan   deskriptif.   Pendekatan   ini didukung dengan data kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara, studi kepustakaan dan netnografi. Sedangkan penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data yang didapatkan kemudian dianalisis menggunakan analisis interaktif. Uji validitas dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi data yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai bentuk online brand image yang dibangun oleh selebgram, faktor pembentukkan dan pengaruh brand image selebgram pada fashion followers dengan 21 informan followers akun  Instagram  @tiarapangestika,  @shafaharris  dan  @alyssadaguise dari berbagai Universitas.
Dari hasil penelitian diketahui bahwa Tiara, Shafa dan Alyssa memiliki faktor  pembentukkan  brand image yaitu  melalui  keahlian,  kepribadian,  minat mendalam, konsisten, dan appearance. Sedangkan brand image Tiara yaitu new woman, business woman, fashion enthusiast,  seorang  istri,  berpendidikan  dan independent, appearance, traveller, dan motivator, kemudian brand image Shafa yaitu new woman, fashion dan make up enthusiast, dan appearance, dan brand image Alyssa yaitu new woman, fashion enthusiast, appearance, dan traveller. Secara lebih detail juga diketahui banyak respon positif brand image Tiara, Shafa dan Alyssa pada followers seperti memotivasi untuk menempuh pendidikan yang tinggi, kepribadian yang positif, mengembangkan ide kreatif untuk membuka peluang bisnis, memotivasi untuk mengekspresikan diri melalui fashion, make up dan travelling, serta memotivasi untuk menciptakan ide baru yang kreatif melalui make up dan fashion.

Kata  kunci:  Media  Sosial,  Instagram,  Brand  Image,  Selebgram,  Fashion Followers.

 

×
Penulis Utama : Naomi Agnes Mathilda Claudia
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1217033
Tahun : 2019
Judul : New media dan selebgram (Studi pembentukan brand image akun @tiarapangestika, @shafaharris, dan @alyssadaguise dalam mempengaruhi fashion followers di kalangan mahasiswa)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. ISIP - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. ISIP-Jur. Ilmu Komunikasi-D1217033-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Andre Noevi Rahmanto, S.Sos., M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.