Penulis Utama : Muh Nurul Huda
NIM / NIP : S441602013
×

ABSTRAK
Muh Nurul Huda, S441602013. 2018. Pembelajaran Menulis Cerita Rakyat Dengan Menggunakan Dialek Banyumas Pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Berbasis  Pendidikan Karakter  Di SMA Negeri Kabupaten Banyumas. Tesis. Pembimbing I Prof. Dr. Sumarlam, M.S dan pembimbing II Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum. Program Studi Pendidikan Bahasa Jawa Pascasarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk: (a) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran menulis cerita rakyat dengan menggunakan dialek Banyumas di SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Banyumas; (b) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menulis cerita rakyat dengan menggunakan dialek Banyumas di SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Banyumas; (c) mendeskripsikan evaluasi pembelajaran menulis cerita rakyat dengan menggunakan dialek Banyumas di SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Banyumas; dan (d) mengetahui nilai pendidikan karakter yang bisa diambil pada hasil produk teks cerita rakyat peserta didik  SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Banyumas.
Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang dilaksanakan pada dua sekolah yaitu SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Banyumas. Data dan sumber data pada penelitian ini berasal dari informan, arsip atau dokumen, dan tempat serta peristiwa.
Temuan pada penelitian ini yaitu: Pertama, perencanaan pembelajaran menulis sudah   mengikuti kurikulum 2013 dan  berjalan dengan baik;  Kedua, pelaksanaan pembelajaran menulis cerita rakyat menggunakan metode diskusi, ceramah, demonstrasi dan tanya jawab dengan model cooperative learning dan cooperative script.  Media  yang digunakan  yaitu teks cerita rakyat dan  power point. Sumber belajarnya yaitu Modul Basa Jawa Banyumasan (Ngrumat Basa Panginyongan), Majalah “Ancas”, Kamus Dialek: Banyumas-Indonesia Edisi Baru, dan internet.  Temuan cerita rakyat hasil produk peserta didik  kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Purwokerto yaitu Cerita Kali Pelus, Tiga cerita Curug Cipendok, Asal-usul jeneng Gumelar, Kali Serayu, Babad Lesmana, Dua cerita Babad Kali Kidang, Dua cerita Asal-usul Kedadiane Banyumas, Tiga cerita Gunung Slamet, Tiga cerita Asal Mula Baturraden, Asal-usul Watu Sinom, dan Asal-usul Jeneng Desa Karang Tengah Baturraden. Temuan cerita rakyat kelas XI MIPA 2SMA Negeri 1 Banyumas yaitu Babad Banyumas, Babad Sokaraja, Raden Kamandaka, Raden Jono, dan Curug Cipendok; Ketiga, evaluasi pembelajaran  menulis  cerita  rakyat  dengan  cara  penilaian  produk  teks  cerita rakyat dengan menggunakan dialek Banyumas pada peserta didik kelas XI MIPA2 SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Banyumas; Keempat, terdapat nilai pendidikan karakter pada hasil produk teks cerita rakyat peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 2 Purwokerto dan SMA Negeri 1 Banyumas.

Kata kunci: pembelajaran, menulis, cerita rakyat, dialek Banyumas, pendidikan karakter

 

 

×
Penulis Utama : Muh Nurul Huda
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S441602013
Tahun : 2018
Judul : Pembelajaran Menulis Cerita Rakyat dengan Menggunakan Dialek Banyumas pada Mata Pelajaran Bahasa Jawa Berbasis Pendidikan Karakter di SMA Negeri Kabupaten Banyumas
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2018
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Daerah
Kolasi :
Sumber : UNS- Pascasarjana Prog. Studi Pendidikan Bahasa Jawa - S441602013 - 2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum.
2. Dr. Djoko Sulaksono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.