Penulis Utama : Pramesti Rahmawati
NIM / NIP : E0015315
×

ABSTRAK

Penelitian ini menganalisis dan mengkaji penerapan zipper system sebagai metode  pencalonan  calon  legislatif  yang  diterapkan  pada  pemilihan  legislatif tahun 2014 di Surakarta, sebagai tindak lanjut atas komitmen Indonesia untuk mendorong keterwakilan perempuan di parlemen. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris bersifat deskriptif untuk mengetahui efektivitas penerapan zipper system terhadap rekrutmen caleg perempuan   di Surakarta sehingga tercapai keterwakilan perempuan di parlemen dengan angka kritis 30%. Penelitian ini menggunakan data-data primer berupa hasil wawancara dan data sekunder terdiri dari bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder.
Penelitian ini menunjukkan bahwasanya untuk tercapainya 30% keterwakilan perempuan di parlemen, memerlukan sistem yang mendorong rekrutmen perempuan dari hulu  ke hilir, diawali dari parpol untuk merekrut caleg perempuan   melalui   sistem   kaderisasi   yang   terbuka   dan   demokratis,   serta efektivitas zipper system yang diserta dengan diterapkannya sistem pemilu proporsional yang tepat.

Kata kunci : rekrutmen, sistem pemilu, metode pencalonan, DPRD Kota Surakarta

 

×
Penulis Utama : Pramesti Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0015315
Tahun : 2019
Judul : Penerapan zipper system dalam penetapan nomor urut calon legislatif guna meningkatkan rekrutmen calon legislatif perempuan pada pemilihan legislatif 2014 (Studi kasus DPRD Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Hukum - 2019
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Hukum-Jur. Ilmu Hukum-E0015315-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isharyanto, S.H. M. Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.