Penulis Utama : Etika Kusumawarti
NIM / NIP : K7113509
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah penerapan model visualization, auditory, kinestethic (VAK) dengan multimedia, (2) meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa melalui penerapan model VAK dengan multimedia, serta (3) mendeskripsikan kendala dan solusi penerapan model VAK dengan multimedia dalam peningkatan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 2 Kutosari tahun ajaran 2016/2017.
Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan secara kolaboratif dan berlangsung selama tiga siklus. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 2 Kutosari dengan jumlah siswa sebanyak 43. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan nontes yang berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data diukur menggunakan triangulasi data. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) langkah-langkah model VAK dengan multimedia meliputi persiapan, penyampaian, pelatihan, penampilan hasil; (2) hasil penerapan   model   VAK   dengan   multimedia   pada   peningkatan   keterampilan menyimak yaitu pada siklus I mencapai 30.24%, pada siklus II menjadi 62.79%, dan pada siklus III meningkat menjadi 86.05%; (3) kendala pada penelitian ini yaitu siswa belum percaya diri dalam bertanya, kegiatan bermain peran belum kondusif, dan tidak semua siswa berkesempatan untuk bermain peran; solusinya yaitu pemberian motivasi pada siswa, bimbingan dan pemberian pesan moral saat diskusi dan bermain peran, dan pemberian pengertian pada siswa bahwa siswa yang bermain peran sudah dapat mewakili seluruh siswa di kelas.
Simpulan penelitian ini adalah penerapan model VAK dengan multimedia dapat meningkatkan keterampilan menyimak cerita pada siswa kelas V SD Negeri 2
Kutosari tahun ajaran 2016/2017.

 

×
Penulis Utama : Etika Kusumawarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7113509
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Visualization, Auditory, Kinesthetic (Vak) Dengan Multimedia Dalam Peningkatan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Siswa Kelas V SD Negeri 2 Kutosari Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP-Prodi PGSD-K7113509-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tri Saptuti Susiani, M.Pd
2. Drs. Suhartono, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.