Penulis Utama : Riky Rivaldi Pratama
NIM / NIP : K7115143
×

ABSTRAK

Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreaif peserta didik kelas IV SD Negeri Gumpang, Kabupaten Sukoharjo pada pembelajaran IPA materi energi tahun ajaran 2018/2019. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dalam tiga siklus, setiap siklus terdiri dari  dua pertemuan. Subjek penelitian ini yaitu guru dan peserta didik kelas IV SD N Gumpang 3 Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 30 peserta didik. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara, kuesioner, dokumentasi dan tes keterampilan berpikir kreatif. Analisis data pada penelitian ini adalah analisis interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data,penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Validitas data pada penelitian ini diuji dengan triangulasi teknik dan sumber, serta uji validitas isi.
Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa implementasi model pembelajaran CEL-BaDiS dengan langkah-langkah  Assosiating; Questioning; Analyzing; Creating; Communicating; dan Persuasion and Networking Entrepreneurship pada siklus I  mampu meningkatkan rata-rata nilai keterampilan berpikir kreatif peserta didik yaitu dari 31,1 pada pratindakan menjadi 72,16 dengan ketuntasan klasikal sebesar 33,33%.Kenaikan juga terjadi pada siklus II, rata-rata nilai keterampilan berpikir kreatif yaitu 78,33 dengan ketuntasan klasikal 66,67%. Kenaikan terus terjadi, pada siklus III rata-rata nilai sebesar 83,33 dengan ketuntasan klasikal 83,33% atau sebanyak 25 peserta didik mendapat kriteria kreatif.Berdasarkan pada hasil penelitian,dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran CEL-BaDiS dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SD N Gumpang 3 tahun ajaran 2018/2019 pada ppembelajaran IPA materi energi


Kata kunci : keterampilan berpikir kreatif, CEL-BaDiS, Pembelajaran IPA

 

×
Penulis Utama : Riky Rivaldi Pratama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115143
Tahun : 2019
Judul : Implementasi model pembelajaran Creative Entrepreneurship Learning-Based Discovery Skills (CEL-BaDiS) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran IPA materi energy (Penelitian tindakan kelas pada peserta didik kelas IV SD Negeri Gumpang 3, Kabupaten Sukoharjo tahun Ajaran 2018/ 2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115143-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Idam Ragil Widianto Atmojo, S.Pd., M.Si.,
2. Anesa Surya, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.