Penulis Utama : Tri Lestari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S541108111
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Metode Ceramah Plus Dan Drill Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Pada Kompetensi Dasar Efisiensi Penggunaan Tempat Tidur Rumah Sakit Mahasiswa Program Studi D3 Rekam Medik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana-Prodi Magister Magister Kedokteran Keluarga-S541108111-2017
Subyek : METODE CERAMAH PLUS DAN DRILL
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Mata kuliah Statistik rumah sakit merupakan salah satu mata kuliah kompetensi utama bagi mahasiswa Prodi D3 Rekam Medik (RM). Berdasarkan survey pendahuluan, mata kuliah ini termasuk pelajaran yang tidak disukai. Sebesar 80% mahasiswa   nilainya rendah karena menurut mereka mata kuliah tersebut   sulit dipahami dan membosankan. Permasalahan lain adalah gaya mengajar dosen. Kondisi tersebut tentu saja berpengaruh pada hasil belajar mahasiswa. Hal ini terlihat pada saat diadakan ujian tengah semester, 85% mahasiswa yang mendapat nilai di bawah rata-rata. Masalah tersebut harus diatasi dengan memperbaiki metode pembelajaran yang tepat sehingga pelaksanaan pembelajaran   dapat terlaksana secara efektif. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh metode pembelajaran metode ceramah plus dan drill terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada   kompetensi dasar efisiensi penggunaan tempat tidur rumah sakit pada mahasiswa   Prodi D3 RM STIKes Mitra Husada Karanganyar. Rancangan penelitian ini adalah quasi experiment pretest posttest group design. Data diolah dan dianalisis dengan menggunakan paired t-test dan independent t-test. Keseluruhan subjek penelitian adalah 118 mahasiswa.
Hasil Penelitian berdasarkan hasil uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa semua pasangan variabel pair 1, pair 2, pair 3, pair 4 mempunyai nilai p atau sig = 0,000 (<0 xss=removed>0,000 (<0 xss=removed>Disimpulkan bahwa terdapat perbedaan metode ceramah plus dan drill terhadap motivasi belajar dan hasil belajar mahasiswa pada   kompetensi dasar efisiensi penggunaan tempat tidur rumah sakit di Prodi   D3 RM STIKes Mitra Husada Karanganyar.

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Surat Pernyataan.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hari Wudjoso, dr., Sp.F, MM
2. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M. Pd
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana