Penulis Utama : Septian Putra Utama
NIM / NIP : K7115158
×

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data melalui model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada peserta didik kelas V SD Negeri Trangsan I Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus. Tahapan setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah guru dan peserta didik kelas V SDN Trangsan I Sukoharjo pada tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah peserta didik yaitu 23 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dengan 4 komponen, yaitu penyediaan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik validitas data yang digunakan adalah triangulasi. Triangulasi yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Peningkatan hasil keterampilan pemecahan masalah diketahui melalui hasil tes yang dilaksanakan pada kondisi awal atau sebelum dilakukan tindakan ketuntasan peserta didik pada pratindakan yaitu 26,02% atau hanya enam peserta didik yang tuntas, kemudian setelah dilakukan tindakan dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) pada pelaksanaan siklus I menjadi 65,22%, dan meningkat pada siklus II menjadi 82,61%. Peningkatan juga terlihat pada rerata setiap aspek yang diukur. Selain peningkatan hasil keterampilan, hasil observasi aktivitas peserta didik dan kinerja guru juga meningkat.
Simpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data dan mempermudahpeserta didik mengetahui kalimat matematika yang khas erta urutan pengerjaannyapada peserta didik kelas V SD N Trangsan I Sukoharjo tahun ajaran 2018/2019.

Kata Kunci: Keterampilan pemecahan masalah, Model pembelajaran Think Talk Write (TTW).

 

×
Penulis Utama : Septian Putra Utama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7115158
Tahun : 2019
Judul : Penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah interpretasi data (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri Trangsan I Sukoharjo Tahun Ajaran 2018/2019)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. KIP - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. KIP-Jur. Pend. Guru Sekolah Dasar-K7115158-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sri Marmoah, S.Pd., M. Pd,
2. Matsuri, S.Pd., M.Pd,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.