Penulis Utama : Anas Yahya Abdullah
NIM / NIP : G0015020
×

Abstrak

Latar belakang: Penggunaan telepon seluler dan laptop pada mahasiswa kedokteran cenderung tinggi karena kebutuhannya untuk selalu terhubung dengan informasi baru dalam rangka menunjang proses belajar dan agar mampu mengetahui perkembangan baru ilmu kedokteran. Penggunaan telepon seluler dan laptop yang berlebihan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh mahasiswa kedokteran salah satunya yaitu kelelahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan radiasi gelombang elektromagnetik telepon seluler dan laptop dengan kelelahan pada mahasiswa kedokteran UNS.
Metode penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan desain penelitian cross sectional. Subjek penelitian adalah mahasiswa kedokteran angkatan 2015-2018 Universitas Sebelas Maret Surakarta dengan kriteria eksklusi yaitu memiliki penyakit kronis, riwayat merokok, riwayat minum alkohol, dan riwayat mengkonsumsi obat. Subjek penelitian sejumlah 98 orang diperoleh dari teknik simple random sampling. Variabel bebas adalah radiasi gelombang elektromagnetik dalam durasi dan onset, dan variabel terikatnya yaitu kelelahan. Alat ukur yang digunakan adalah kuisioner penggunaan telepon seluler dan laptop dan FAS untuk menilai tingkat kelelahan. Data dianalisis menggunakan uji Pearson untuk mencari kekuatan dan arah hubungan dari radiasi gelombang elektromagnetik pada telepon seluler dan laptop dengan kelelahan.
Hasil penelitian: Berdasarkan hasil uji penelitian didapatkan data pengaruh tingkat penggunaan telepon seluler dan laptop yang sangat tinggi menyebabkan kelelahan (63,27% dan 36,73%). Berdasarkan hasil uji Pearson, tidak terdapat korelasi yang bermakna antara radiasi gelombang elektromagnetik telepon seluler dan laptop dengan kelelahan (p=0,264>0,05; r=0,114).
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, disimpulkan bahwa tidak terdapat hubungan antara radiasi gelombang elektromagnetik telepon seluler dan laptop dengan kelelahan pada mahasiswa kedokteran UNS.

Kata Kunci : radiasi gelombang elektromagnetik, telepon seluler, laptop, mahasiswa kedokteran, kelelahan

×
Penulis Utama : Anas Yahya Abdullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0015020
Tahun : 2019
Judul : Hubungan Radiasi Gelombang Elektromagnetik Telepon Seluler dan Laptop dengan Kelelahan pada Mahasiswa Kedokteran UNS
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Kedokteran Jur. Kedokteran-G0015020-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Isna Qadrijati, dr., M.Kes.
2. Yuliana Heri Suselo, dr., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.