Penulis Utama : Zitawati Arumsari
NIM / NIP : C0211041
×

ABSTRAK


Penelitian  ini  mengkaji  karakteristik  pemakaian  bahasa  perajin, pengusaha, pedagang, dan konsumen batik di Surakarta. Masalah yang akan dibahas adalah (i) bagaimanakah karakteristik pemakaian bahasa yang digunakan oleh perajin, pengusaha, pedagang, dan konsumen batik di Surakarta? (ii) bagaimanakah fungsi kebahasaan yang digunakan oleh perajin, pengusaha, pedagang, dan konsumen batik di Surakarta? (iii) bagaimanakah kosakata penentu register yang digunakan oleh perajin, pengusaha, pedagang, dan konsumen batik di Surakarta?
Jenis penelitian yang dipilih adalah kualitatif. Data yang digunakan adalah data lisan yang berupa dialog yang dituturkan oleh perajin, pengusaha, pedagang, dan konsumen batik, sedangkan data tulis berupa kata, frasa, dan klausa yang mengandung  kosakata  khusus  yang  terdapat  pada  media  cetak  berupa  buku tentang perbatikan. Adapun sumber data tulis yang digunakan adalah buku Ungkapan Sehelai Batik serta Batik dan Mitra karya Nian S. Djoemena, dan Batik Pengaruh Zaman dan Lingkungan karya Santosa Doellah. Sumber data lisan diambil dari tuturan yang mengandung istilah khusus perajin, pengusaha, pedagang, dan konsumen batik melalui perekaman proses pembuatan, jual beli, dan penggunaan batik pada bulan Februari sampai April 2016. Metode dan teknik pengumpulan  data  yang  digunakan  adalah  metode  simak  serta  menggunakan teknik rekam, teknik catat, teknik pustaka, dan teknik wawancara. Teknik klasifikasi data dilakukan berdasarkan pada penanda pemakaian bahasa yang terdapat di dalam data. Metode dan teknik analisis data menggunakan metode padan  referensial  dan  teknik  analisis  data  kontekstual  yang  mengacu  pada kerangka kerja komprehensif analisis register.
Hasil penelitian terhadap karakteristik pemakaian bahasa perajin, pengusaha, pedagang, dan konsumen batik dijelaskan sebagai berikut: (1) karakteristik pemakaian bahasa ditemukan beberapa ciri khusus di antaranya terdapat pemakaian istilah asing, terdapat hibrida, penggunaan bentuk singkatan, terjadinya peristiwa campur kode yang berwujud perulangan kata, serta peristiwa alih kode yang bersifat intern; (2) fungsi bahasa terdapat beberapa hal yaitu fungsi konatif, referensial, dan metalingual; (3) register ditunjukkan pada klasifikasi kosakata penentu register yang memaparkan bentuk pemakaian istilah perajin, pengusaha, pedagang, dan konsumen batik di Surakarta.

 


Kata kunci: karakteristik pemakaian bahasa, register, sosiolinguistik

 

×
Penulis Utama : Zitawati Arumsari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0211041
Tahun : 2017
Judul : Karakteristik Pemakaian Bahasa Perajin, Pengusaha, Pedagang, dan Konsumen Batik di Surakarta: Kajian Sosiolinguistik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ilmu Budaya, Prodi. Sastra Indonesia- C0211041-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Chattri Sigit Widyastuti, M.Hum.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.