Penulis Utama : Evi Wulandari
NIM / NIP : C0212027
×

ABSTRAK


Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimanakan wujud pematuhan prinsip kesantunan yang terdapat dalam acara Islam Itu Indah di Trans TV?, (2) Bagaimanakah wujud Pelanggaran prinsip kesantunan yang terdapat dalam acara Islam Itu Indah di Trans TV?, (3) Bagaimanakah wujud implikatur yang terdapat dalam acara Islam Itu Indah di Trans TV?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan wujud pematuhan prinsip kesantunan yang terdapat dalam acara Islam Itu Indah di Trans TV, (2) mendeskripsikan  wujud  Pelanggaran  prinsip  kesantunan  yang  terdapat  dalam acara Islam Itu Indah di Trans TV, (3) mendeskripsikan wujud implikatur yang terdapat dalam acara Islam Itu Indah di Trans TV.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data penelitian ini adalah acara Islam Itu Indah yang ditayangkan di Trans TV pada bulan Januari 2016. Data dari penelitian ini adalah tuturan-tururan yang mengandung pematuhan prinsip kesantunan, pelanggaran prinsip kesantunan, dan tuturan yang mengandung implikatur yang terdapat dalam acara Islam Itu Indah di Trans TV pada bulan Januari. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan cara mengunduh   acara   Islam   Itu   Indah   dari   situs   youtube.   Adapun   metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode simak bebas libat cakap dengan metode simak, dan metode catat. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis cara tujuan, analisis kontekstual dan heuristik. Metode  penyajian  hasil  analisis  data  dalam  penelitian  ini  adalah  penyajian informal dan penyajian formal, yakni berupa kata-kata dan berupa lambang, tanda yang menjelaskan hasil dari analisis data dalam penelitian ini.
Simpulan dari penelitian ini adalah pertama, dari analisis yang dilakukan pada  acaraIslam  Itu  Indah  di  Trans  TV  terdapat  pematuhan  dan  pelanggaran prinsip kesantunan. Pematuhan dan pelanggaran prinsip kesantunan tersebut meliputi enam maksim yang di kemukakan oleh Leech yaitu maksim kearifan, maksim kedermawanan, maksim pujian, maksim kerendahan hati, maksim kesepakatan, dan maksim simpati. Kedua, implikatur yang terdapat dalam acara Islam Itu Indah di Trans TV sebanyak tujuh jenis implikatur alasan, implikatur menolak, implikatur menyindir, implikatur tidak setuju, implikatur menyatakan pemberitahuan, implikatur mengejek, implikatur menyombongkan diri, implikatur menyuruh.

 

Kata Kunci     : Kesantunan dan Implikatur

 

×
Penulis Utama : Evi Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0212027
Tahun : 2017
Judul : Prinsip Kesantunan dan Implikatur dalam Acara “Islam itu Indah” di Trans Tv: Suatu Tinjauan Pragmatik
Edisi :
Imprint : Surakarta - FIB - 2017
Program Studi : S-1 Sastra Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Ilmu Budaya, Prodi. Sastra Indonesia- C0212027-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Muh Qomaruddin, M.Hum.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.