Penulis Utama : Tia Novitasari
NIM / NIP : R0014081
×

Latar Belakang : Pesanan percetakan meningkat membuat shift kerja menjadi panjang, aktivitas fisik bertambah, pekerjaan berlangsung secara monoton, dan berdasarkan hasil observasi terdapat lingkungan kerja yang ekstrim yang dapat menimbulkan perasaan lelah. Kelelahan kerja berpengaruh terhadap kondisi kesehatan manusia dan memberi kontribusi 50% terhadap terjadinya kecelakaan kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penyebab utama kelelahan kerja melalui metode fish bone pada unit cetak PT. Macanan Jaya Cemerlang Klaten.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode deskriptif untuk menjelaskan dan mendiskripsikan tentang penyebab utama kelelahan kerja di unit cetak dengan menggunakan  diagram  fish  bone  kemudian  dilakukan  sesi  brainstorming  dan dibandingkan dengan peraturan perundang-undangan dan literatur yang terkait. Hasil : Hasil dari brainstorming diperoleh 3 prioritas masalah yakni : waktu kerja (longshift), aktivitas kerja fisik dan tidak adanya pelindung mesin. Kemudian 3 prioritas   dianalisis   dan   didapatkan   akar   permasalahan   yakni   waktu   kerja panjang(longshift).
Simpulan : Akar penyebab kelelahan kerja pada unit cetak dengan jenis pekerjaan rutin yakni waktu kerja panjang (longshif) yang dikarenakan permintaan pemesanan   meningkat.   Namun   Perusahaan   telah   menerapkan   manajemen kelelahan kerja untuk menanggulanginya.
Kata kunci :  Penyebab Kelelahan Kerja, Metode Fish Bone di Unit Cetak

×
Penulis Utama : Tia Novitasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0014081
Tahun : 2017
Judul : Analisis penyebab kelelahan kerja dengan metode fish bone pada unit cetak PT. Macanan Jaya Cemerlang Klaten Jawa Tengah
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Kedokteran Prog. D III Hiperkes dan Keselamatan Kerja-R0014081-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sumardiyono, SKM, M.Kes
2. Seviana Ri awati, SKM, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.