Penulis Utama : Ardi Punto Prabowo
NIM / NIP : D1214012
×


ABSTRAK
Instagram atau di singkat IG merupakan media sosial yang merupakan media untuk para penikmat foto atau praktisi fotografi. IG @kulinerdiSolo merupakan salah satu dari akun Instagram yang berperan sebagai influencer di bidang kuliner di Kota Solo. Pada penelitian ini menjelaskan faktor-faktor apa saja yang perlu di perhatikan akun IG @kulinerdiSolo sebagai akun influencer dalam mempengaruhi minat beli followers-nya.
Pada penelitian ini minat beli di pengaruhi oleh awareness (Aaker, 1996), Electronic Word of Mouth (E-WOM) (Jalilvan dan Samiei, 2012), Interactive Communication (Lillyana, Marta dan Luis, 2016), Photo (Shimp, 2003), Discount (Canon. Et, Al., 2008), Information (Ludenberg & Ena, 2016), Trustworthiness (Chong, Yang, & Wong, 2009), Usage (Farris dkk., 2006), Satisfaction toward information (Yamit, 2004) dan Satisfaction toward experience (Yamit, 2004).
Responden dalam penelitian ini merupakan responden yang menjadi followers IG @kulinerdiSolo dengan jumlah responden sebanyak 109 orang. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM), karena tujuan penelitian adalah melihat pengaruh seluruh variabel laten dan indikator secara simultan dalam mempengaruhi minat beli.
Hasil penelitian menunjukan bahwa model minat beli fit dengan nilai RMSEA 0,000 dan P-value 0,97904. Artinya model ini dapat menjelaskan tentang pengaruh secara simultan faktor Awareness, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Interactive Communication, Photo, Discount, Information, Trustworthiness, Usage, Satisfaction toward information, dan Satisfaction toward experience terhadap minat beli dan dapat dijadikan referensi penelitian sejenis tentang model faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli. Satisfaction toward information, Photo, dan Awareness pengaruh yang paling besar terhadap minat beli dengan koefisien masing-masing (0,77), (0,33), dan (0,23). Sementara indikator dengan kontribusi positif paling besar secara berturut-turut adalah kepuasan informasi (0,70), mengenali restoran (0,2090), foto yang menarik (0,1526). Hal ini menunjukan bahwa pemilik akun perlu memperhatikan kepuasan followers-nya terhadap informasi yang disampaikan agar followers dapat mengenali nama restoran di Kota Solo melalui postingan foto yang menarik. Sehingga dengan hal tersebut followers akan menjadi loyal dan selalu menggunakan IG @kulinerdiSolo sebagai referensinya.

Kata Kunci: Media sosial, Awareness, Electronic Word of Mouth (E-WOM), Interactive Communication, Photo, Discount, Information, Trustworthiness, Usage, Satisfaction toward information, Satisfaction toward experience, Minat beli

 

×
Penulis Utama : Ardi Punto Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214012
Tahun : 2017
Judul : Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Minat Beli Followers pada Akun Instagram @Kulinerdisolo (Studi Analisis Structural Equational Modelling Pengaruh Faktor-faktor Awareness, Electronic Word Of Mouth (E-WOM), Interactive Communication, Photo, Discount, Information, Trustworthiness, Usage, Satisfaction Toward Information, dan Satisfaction Toward Experience Terhadap Minat Beli Followers Akun Instagram @kulinerdiSolo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Sosial dan Politik, Prodi. Ilmu Komunikasi -D1214012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.