Penulis Utama : Astiara Kusmarani
NIM / NIP : D1214016
×

ABSTRAK

Media seiring perkembangannya mengalami berbagai pergeseran fungsi. Berbagai kemungkinan dialami oleh manusia sebagai pengguna media. Salah satunya adalah fungsi media sosial facebook sebagai kegiatan news sharing. Dalam penelitian sebelumnya, motif pencarian informasi, bersosialisasi, hiburan dan pencarian status memiliki pengaruh untuk responden melakukan news sharing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah faktor – faktor tersebut mempengaruhi mahasiswa UNS dalam melakukan news sharing pada media sosial facebook.
Peneliti mengadopsi model konseptual minat melakukan news sharing menggunakan teori uses and gratification sebagai pedoman. Teori ini membantu peneliti memaparkan motivasi responden bahwa banyak pertimbangan yang memungkinkan pengguna media dalam memilih medianya sebagai pendukung berbagai macam kegiatan mereka.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis SEM atau Structural Equation Model yang menghubungkan faktor-faktor yang diteliti secara simultan. Peneliti memilih responden dengan menggunakan teknik cluster sampling untuk mengetahui seberapa besar populasi pada mahasiswa UNS. Responden dalam penelitian ini berjumlah 110 orang dengan kriteria utama memiliki akun facebook minimal lebih dari 6 bulan dan dalam setahun terakhir pernah melakukan news sharing melalui akun facebook.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada kesamaan model konseptual yang dibangun dengan model populasi minat melakukan news sharing yang ditunjukkan dengan nilai RMSEA=0.032, dan p-value=0,289. Nilai variabel yang paling berpengaruh dalam melakukan news sharing di kalangan mahasiswa UNS adalah motif hiburan sebesar 0.52 disusul pencarian status sebesar 0.24, sedangkan motif lainnya, yaitu pencarian informasi sebesar 0.18 dan motif bersosialisasi yang memiliki nilai muatan negatif sebesar -0.03. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh keempat variabel tersebut terhadap minat melakukan news sharing. Sementara itu tingginya tingkat keseringan menggunakan media sosial sebelumnya untuk berbagi gambar dan video dalam penelitian ini belum mampu menambah keinginan atau minat mahasiswa dalam melakukan news sharing (-0.09).
*Kata Kunci : facebook, news sharing, Structural Equation Model, pencarian informasi, bersosialisasi, hiburan, pencarian status, pengalaman bermedia sosial, uses and gratification

 

×
Penulis Utama : Astiara Kusmarani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1214016
Tahun : 2017
Judul : Motif Pencarian Informasi, Bersosialisasi, Hiburan, Pencarian Status dan Pengalaman Bermedia sebelumnya terhadap Minat Melakukan News Sharing di Media Sosial Facebook oleh Kalangan Mahasiswa UNS Tahun 2014/2015
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIPOL - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Sosial dan Politik, Prodi. Ilmu Komunikasi -D1214012-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Diah Kusumawati, S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.