Penulis Utama : Retno Tri Nurhayati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2003
Judul : Ajaran moral untuk wanita dalam lima novel karya Widi Widayat (sebuah tinjauan sosiologi sastra)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Sastra UNS - 2003
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Sastra NIM.C0199036-2003
Subyek : FIKSI ILMIAH
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Permasalahan yang dibicarakan dalam penelitian meliputi unsur intrinsik yang membangun cerita seperti tema, alur, penokohan serta amanat yang masing-masing membentuk suatu keterjalinan atau kebulatan, sehingga terbentuk suatu cerita yang utuh, di samping itu juga diungkapkan ajaran moral untuk wanita dan relevansi ajaran moral tersebut dengan kehidupan sekarang.

Penelitian ini bersifat sastra, sumber data yang digunakan adalah lima novel karya Widi Widayat. Datanya meliputi unsur-unsur intrinsik yang membentuk keterjalinan cerita, yang terdiri dari tema, alur, penokohan, latar dan amanat serta ajaran moral untuk wanita dan relevansi ajaran moral untuk wanita dengan kehidupan sekarang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dengan pengarang dengan tujuan untuk mengetahui proses penciptaan karya sastra dan wawancara kepada beberapa tokoh masyarakat untuk mengetahui relevansi ajaran moral untuk wanita dalam lima novel karya Widi Widayat. Populasi dalam penelitian ini adalah novel-novel karya Widi Widayat pada tahuan 1960-an dan sampelnya adalah lima novel karya Widi Widayat, yaitu novel Asih Sedjati, novel Sunaring Asmara, novel Ngrusak Pager Aju, novel Ngenger Ipe Musibat dan novel Penganten Wurung. Selanjutnya data yang terkumpul dilakukan pengolahan data yang terdiri dari pengumpulan data, interpretasi data, analisis data dan penarikan kesimpulan.

Dengan metode penelitian di atas, kesimpulan yang dapat diambil adalah unsur-unsur intrinsik yang terdapat dalam lima novel karya Widi Widayat merupakan suatu keterjalinan sehingga membentuk kebulatan atau totalitas. Lima novel karya Widi Widayat berisi tentang ajaran moral untuk wanita dalam menghadapi persoalan hidup, yang terdiri dari ajaran untuk menjaga citra diri, tabah menjalani hidup, menerima kenyataan hidup, mendekatkan diri kepada Tuhan, berprihatin, mengasihi, tidak iri dengki dan tidak berbuat jahat, yang semuanya itu masih relevan dan terjadi dalam masyarakat sekarang. Isi dari lima novel karya Widi Widayat tersebut tentunya sangat berarti, terutama bagi wanita dalam menghadapi berbagai permasalahan hidup yang terjadi dalam masyarakat.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Marcellinus Padija, S.U
2. Drs. Aloysius Indratmo
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Sastra dan Seni Rupa