Penulis Utama : Haryati Dwi Suhestin
NIM / NIP : C0915024
×

Latar belakang proyek Tugas Akhir penciptaan ini adalah memenuhi kebutuhan elemen estetis pada ruang-ruang rumah tinggal yang memiliki fungi membantu membangun suasana pada suatu ruangan. Alasan pemilihan visual dengan mengolah suansana alam tersebut dikarenakan pemandangan pada suasana alam memiliki kemampuan memberikan kesan kenyamanan dan ketenangan bagi penghuninya.
Tujuan proyek Tugas Akhir penciptaan ini adalah memberikan nilai kebaharuan dari hiasan dinding dengan kombinasi teknik dengan mengolah tema suasana alam.
Penciptaan hiasan dinding ini memiliki fokus permasalahan pada merancang hiasan dinding dengan kombinasi teknik, yang kemudian dipecah menjadi tiga rumusan masalah yaitu pengolahan tema, teknik pembuatan dan visualisasi pada hiasan dinding. Pada metode penciptaan melewati tahap analisis masalah, strategi pemecahan masalah, pengumpulan data, studi visual, studi literatur, observasi, ujicoba dan menentukan gagasan awal Penciptaan. Konsep penciptaan meliputi landasan pemikiran untuk menciptakan desain Tugas Akhir. Visualisasi yakni tahap memvisualkan konsep rencana penciptaan  yang sudah ditulis dalam proses penciptaan.
Hasil penciptaan Tugas Akhir ini sebagai berikut: Penciptaan visual desain dengan mengolah tema suasana alam melalui teknik batik dan teknik trapunto untuk hiasan dinding yang berjumlah delapan (8) visual desain. Keseluruhan visual desain mengolah unsur-unsur yang terdapat pada suasana alam beserta cerita-cerita di dalamnya yang digambarkan melalui penggayaan dekotatif. Bentuk-bentukdan warna-warna di dalam visual desain yang digambarkan mengandung cerita-cerita pada masing-masing visual.</p>

Kata Kunci: </strong>Suasana Alam, Batik, Trapunto</p>

×
Penulis Utama : Haryati Dwi Suhestin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C0915024
Tahun : 2020
Judul : Penciptaan Hiasan Dinding Melalui Teknik Batik Kombinasi Trapunto
Edisi :
Imprint : Surakarta - FSRD - 2020
Program Studi : S-1 Kriya Seni
Kolasi :
Sumber : UNS-FSRD, Program Studi Kriya Tekstil-C0915024-2020
Kata Kunci : Suasana Alam, Batik, Trapunto
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Tiwi Bina Affanti, M.Sn
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Fak. Seni Rupa dan Desain
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.