Penulis Utama : Airyen Indah Sari Olo
NIM / NIP : S971308001
×

Pendahuluan: Disfungsi atau  gangguan kardiovaskuler pada penyakit hepar seperti hepatitis B, hepatitis C dan sirosis hepatis telah dilaporkan di beberapa penelitian. Kadar NT-proBNP ditemukan meningkat pada penyakit jantung yang diakibatkan adanya stres pada dinding jantung, SGPT adalah marker kerusakan hepar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui korelasi antara kadar NT-proBNP dan kadar SGPT pada pasien hepatitis B kronik dan sirosis hepatis.
 
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian cross sectional (potong lintang) di RSUD Dr. Moewardi di Surakarta pada bulan Mei-Juni 2019. Subjek penelitian adalah penderita hepatitis B kronik dan sirosis hepatis di Bagian Gastroentero-Hepatologi RSUD Dr. Moewardi. Analisis korelatif menggunakan uji Spearman, bermakna jika p<0> 
Hasil: Didapatkan 31 subjek penderita hepatitis B kronik dan 31 subjek penderita sirosis hepatis. Hasil analisis korelatif NT-proBNP dengan SGPT pada hepatitis B kronik dan sirosis hepatis adalah r=0 -0,083, p=0,658; r=-0,339, p=0,062 (berurutan).
 
Simpulan: Tidak terdapat korelasi antara kadar NT-proBNP dengan SGPT. Diperlukan pengukuran NT-proBNP pada kelompok sehat dan faktor risiko penyakit kardiovaskular seperti profil lipid.

Kata Kunci: Hepatitis B Kronik, Sirosis Hepatis, NT-proBNP, SGPT

 

×
Penulis Utama : Airyen Indah Sari Olo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S971308001
Tahun : 2019
Judul : Korelasi N-Terminal Pro Brain Natriuretic Peptide (NT-ProBNP) dan Serum Glutamate Pyruvate Transaminase (SGPT) pada Pasien Hepatitis B Kronik dengan Sirosis Hepatis
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Kedokteran - 2019
Program Studi : PPDS Patologi Klinik
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana. Jur. Patologi Klinik-S971308001-2019
Kata Kunci : Hepatitis B Kronik, Sirosis Hepatis, NT-proBNP, SGPT
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. B. Rina A. Sidharta, dr., Sp.PK-K
2. Amiroh Kurniati, dr.Mkes.SpPK
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.