Penulis Utama : Arifia Mawardani
NIM / NIP : K5412016
×

ABSTRAK

Penelitian ini berbentuk Penelitian dan Pengembangan (Research and
Development) dengan teknik analisis deskriptif komparatif. Penelitian ini
berupaya mengembangkan multimedia pembelajaran interaktif Geografi pada materi Langkah Penelitian Geografi yang layak dan efektif. Produk yang dihasilkan berupa multimedia pembelajaran interaktif yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran sekaligus sumber belajar peserta didik untuk materi Langkah Penelitian Geografi. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah: 1) Mengembangkan multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai pembelajaran materi langkah-langkah penelitian geografi kelas X SMAN 2 Karanganyar tahun 2016/2017; 2) Menganalisa kelayakan multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran materi langkah-langkah penelitian geografi kelas X SMAN 2 Karanganyar tahun 2016/2017; 3) Menganalisa efektivitas multimedia interaktif berbasis adobe flash sebagai media pembelajaran materi langkah-langkah penelitian geografi kelas X SMAN 2 Karanganyar tahun 2016/2017.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan
dan teknik pengambilan sampel Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan tes. Angket digunakan untuk memperoleh hasil penilaian dari validasi ahli materi, ahli media dan respon peserta didik pada setiap ujicoba yang dilakukan.  Populasi dalam penelitian ini adalah kelas X IPS SMA N 2 Karanganyar. Validasi ahli dilakukan oleh 2 ahli media dan 2 ahli materi sedangkan pada tahap ujicoba dilakukan oleh 3 peserta didik pada uji coba perorangan, 13   peserta didik pada uji coba kelompok kecil dan 22 peserta didik pada uji coba lapangan.
Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan yang dilakukan menggunakan model pengembangan Walter Dick dan Lou Carrey ini dikembangkan menggunakan kombinasi model simulasi dan drill berbasis Adobe Flash.; (2) Multimedia interaktif berbasis Adobe Flash terbukti layak digunakan sebagai media pembelajaran materi “Langkah Penelitian Geografi” kelas X SMA/ MA dalam kurikulum 2013; 3) Multimedia interaktif berbeasis AdobeFlash terbukti efektif mempengaruhi hasil belajar dan motivasi peserta didik pada materi “Langkah Penelitian Geografi” kelas X SMA/MA dalam kurikulum 2013.

Kata kunci: Multimedia Pembelajaran Interaktif, Adobe Flash, Penelitian Geografi

 

×
Penulis Utama : Arifia Mawardani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412016
Tahun : 2017
Judul : Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Flash sebagai Media Pembelajaran Materi Langkah-Langkah Penelitian Geografi Kelas X SMAN 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/201
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi. Pendidikan Geografi - K5412016-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rahning Utomowati, S.Si, M.Sc,
2. Dr. Yasin Yusup, S.Si, M.Si,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.