Penulis Utama : Diyah Ayu Wulandari
NIM / NIP : K3313024
×

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan: (1) prestasi belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pokok hidrolisis bagi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo; (2) kemampuan analisis siswa melalui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) pada materi pokok hidrolisis bagi siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdapat empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, kajian dokumen, tes dan angket. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.
Hasil  penelitian  dapat  disimpulkan  bahwa  (1)  Penerapan  model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi pokok hidrolisis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Ketercapaian aspek kognitif siklus I sebesar 56% dan meningkat menjadi 79% pada siklus II, aspek sikap pada siklus I sebesar 88% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II, aspek keterampilan pada siklus I sebesar
100%; (2) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa pada materi pokok hidrolisis siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017. Ketercapaian siswa dengan kategori kemampuan analisis tinggi pada sikulus I sebesar 62% dan meningkat menjadi 76% pada siklus II.

Kata  Kunci:  Penelitian  Tindakan  Kelas,  GI,  Prestasi  Belajar,  Kemampuan
Analisis, Hidrolisis.

 

×
Penulis Utama : Diyah Ayu Wulandari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3313024
Tahun : 2017
Judul : Upaya Peningkatan Prestasi Belajar dan Kemampuan Analisis Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Group Investigaton (Gi) pada Materi Hidrolisis Kelas XI MIA 1 Semester Genap SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi. Pendidikan Kimia - K3313024-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Elfi Susanti VH, M.Si.
2. Dra. Bakti Mulyani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.