Penulis Utama : Fadly Ambar Kusuma W
NIM / NIP : K4612055
×

ABSTRAK

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari pada peserta didik kelas V SD Negeri 02 Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017.
    Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari empat tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitain Tindakan Kelas ini adalah peserta didik kelas V SD Negeri 02 Karangmojo yang berjumlah 22 peserta didik terdiri dari 9 peserta didik putra dan 13 peserta didik putri. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari peserta didik dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunkan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif menggunakan analisis deskriptif komparatif yaitu membandingkan nilai tes kondisi awal, nilai tes siklus I dan nilai tes siklus II. sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil pengamatan atau observasi yang dideskripsikan dengan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi dan refleksi dari tiap-tiap siklus.
    Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan modifikasi permainan sederhana  dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lari dari pratindakan ke siklus I dan siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar gerak dasar lari  pada siklus I yang dinyatakan tuntas mencapai 40,9% atau sebanyak 9 peserta didik dari 22 peserta didik. Peningkatan hasil belajar gerak dasar lari juga terjadi pada siklus II dengan prosentase sebesar 90,9% atau sebanyak 20 peserta didik yang tergolong kriteria tuntas dengan KKM 70 dan 2 peserta didik lainnya tergolong dalam kategori belum tuntas.
    Berdasarkan hasil penelitian diperoleh simpulan bahwa penggunaan pendekatan bermain dapat meningkatan hasil belajar gerak dasar lari pada peserta didik kelas V SD Negeri 02 Karangmojo tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci : Hasil Belajar, Gerak Dasar Lari, Pendekata Bermain.

 

×
Penulis Utama : Fadly Ambar Kusuma W
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612055
Tahun : 2017
Judul : Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Gerak Dasar Lari dengan Menggunakan Pendekatan Bermain pada Peserta Didik Kelas V SD Negeri 02 Karangmojo Kecamatan Tasikmadu Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4612055-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hanik Liskustyawati, M.Kes.
2. Drs. Waluyo, M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.