Penulis Utama : Faisal Nurkhasan
NIM / NIP : K4613051
×

ABSTRAK

    Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar long pass dalam permainan sepak bola melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) pada siswa kelas X Mia 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017.
    Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengantiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 40siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa, danpeneliti. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif  yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
    Hasil analisis menunjukan bahwa model pembelajaran model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan hasil belajar long pass dalam permainan sepak bola dari pratindakan ke siklus I dan darisiklus I ke siklus II. Dari hasil hasil belajar long pass dalam permainan sepak bola pada siklus I yaitu 21 siswa (52,8%) tuntas dan 19 siswa (47,5%) belum tuntas. Pada siklus II terjadi peningkatan presentase hasil belajar long pass dalam permainan sepak bola pada siklus II yaitu 33 siswa (82,5%) tuntas dan 7 siswa (17,5%) belum tuntas.
    Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) dapat meningkatkan hasil belajar long pass dalam permainan sepak bola pada siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2016/2017.

Kata kunci : Hasil Belajar, Long Pass Dalam Permainan Sepak Bola, Model Pembelajaran TGT (TeamsGames Tournaments).

 

×
Penulis Utama : Faisal Nurkhasan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613051
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran TGT (Teams Games Tournaments) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Long Pass dalam Permainan Sepak Bola pada Siswa Kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4613051-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.
2. Singgih Hendarto, S.Pd.,M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.