Penulis Utama : Astri Wibawanti Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231608007
Tahun : 2019
Judul : Discourse of renewal pada lembaga Pemerintah (studi komunikasi krisis pada kasus korupsi di Kementerian pertanian )
Edisi :
Imprint : Surakarta - FISIP - 2019
Kolasi :
Sumber : UNS-FISIP Prog Magister Studi Ilmu Komunikasi-S231608007-2019
Subyek : KOMUNIKASI KRISIS, KORUPSI, DISCOURSE OF RENEWAL, KOMUNIKASI ORGANISASI
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Pemberantasan korupsi adalah salah satu pr besar bagi lembaga pemerintah. Perubahan yang terjadi pada Kementerian Pertanian di era kepemimpinan Menteri Andi Amran Sulaiman termasuk pada komunikasi pasca krisisnya menarik untuk diteliti menggunakan teori baru komunikasi krisis yaitu Discourse of Renewal. Teori ini menarik karena tidak lagi memandang krisis sebagai sesuatu yang negative, tetapi memandang krisis sebagai sebuah peluang untuk maju. Penelitian ini berusaha untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi krisis yang dilakukan oleh Kementerian Pertanian terkait kasus korupsi, faktor faktor yang menghambat dan dampak penggunaan strategi wacana pembaharuan dalam perbaikan citra lembaga.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus untuk mendapatkan pemahaman mendalam terkait komunikasi krisis yang dilakukan. Data penelitian dikumpulkan dari print out media cetak, media online, rekaman video, dan dari hasil wawancara mendalam dengan beberapa narasumber. Data tersebut berupa pernyataan jajaran pimpinan Kementerian Pertanian yang mengandung wacana pencegahan dan pemberantasan korupsi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pernyataan jajaran pimpinan terkait pencegahan dan pemberantasan korupsi mengandung wacana pembaharuan dengan kecenderungan yang prospektif. Sedangkan faktor faktor penghambat pembaharuan antara lain adanya resistensi di intern organisasi, banyaknya peraturan yang tumpang tindih dengan lembaga lain dan pernyataan spontan pimpinan yang kadang tidak sesuai dengan kenyataan. Meskipun demikian, penggunaan strategi wacana pembaharuan dianggap cukup berhasil, terbukti dengan banyaknya penghargaan yang diraih, respon positif dan apresiasi dari para stakeholder. Berdasarkan keterbatasan yang ada, peneliti menyarankan agar Kementerian Pertanian membuat SOP komunikasi krisis agar humas mempunyai pedoman dalam memilih strategi penanganan krisis dalam kondisi apapun.

Kata kunci: Komunikasi Krisis, Korupsi, Discourse of Renewal, Komunikasi Organisasi

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
LEMBAR PERNYATAAN.pdf
COVER.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sutopo, JK, M.S.
2. Dr. Andre Novie Rahmanto, S.Sos, M.Si.
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP