Penulis Utama : Lisa Faradilla
NIM / NIP : K2313041
×

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa: Penerapan model pembelajaran Treffinger dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono pada materi Usaha dan Energi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan model Kemmis dan Mc. Taggart, serta model kolaboratif yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus diawali dengan tahap persiapan dan dilanjutkan dengan tahap pelaksanaan siklus yang terdiri atas perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 34 siswa. Data diperoleh melalui kajian dokumen, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif.
Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: Penerapan model Treffinger dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X MIA 1 SMA Negeri 1 Banyudono pada materi Usaha dan Energi. Peningkatan aktivitas belajar siswa, dilihat pada Siklus I belum ada satu aspek aktivitas belajar yang mencapai target, ketercapaian masing-masing aspek yaitu oral activities 70 %, motor activities 70 %, drawing activities, writing activities 70 %, mental activities 70 %, dan emotional activities 70 %. Pada Siklus II mengalami peningkatan dan juga telah memenuhi target ketercapaian yang telah ditentukan oleh penelliti.


Kata kunci: Treffinger, aktivitas belajar.

 

×
Penulis Utama : Lisa Faradilla
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2313041
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Treffinger untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas X Mia 1 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Fisika
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi. Pendidikan Fisika - K2313041-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Jamzuri., M.Pd.,
2. Drs. Surantoro., M.Si.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.