Penulis Utama : Mohammad Andri Widyatama
NIM / NIP : K4613090
×

ABSTRAK

Tujuan Penelitian  ini adalah untuk  meningkatkan  hasil  belajar  passing bolavoli dengan mengoptimalisasikan alat pembelajaran pada siswa kelas VII C SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, terdiri dari enam kali pertemuan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan interpretasi, serta analisis dan refleksi. Subjek dalam Penelitian Tindakan Kelas ini adalah siswa kelas VII C SMP Islam DiponegoroSurakarta yang berjumlah 19siswa yang semuanya merupakan siswa putra.  Sumber  data dalam Penelitian  ini  berasal dari siswa, peneliti dan guru yang bertindak sebagai kolaborator. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Uji validitas data menggunakan teknik penilaian triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik prosentase untuk melihat kecenderungan yang terjadi dalam kegiatan pembelajaran.
Hasil analisis menunjukan bahwa penerapan optimalisasi alat pembelajarandapat meningkatkan hasil belajar passing bolavoli dari pratindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Hasil analisis data dapat disampaikan sebagai berikut: hasil belajar passing bolavoli siswa pada Siklus I dari 19 siswa mencapai 68,43% atau sebanyak 13 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 84,21 % atau sebanyak 16 siswa sedangkan 3 siswa lainnya belum tuntas dengan KKM 70, adapun target capaian ketuntasan yang ditetapkan oleh peneliti adalah 80%.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa: penerapan optimalisasi alat pembelajarandapat meningkatkan hasil belajar passing bolavolipada siswa kelas VII C SMP Islam DiponegoroSurakarta Tahun Ajaran
2016/2017.

Kata  kunci:  Hasil  Belajar,  Passing  Bolavoli,  Optimalisasi  Penggunaan  Alat
Pembelajaran.

 

×
Penulis Utama : Mohammad Andri Widyatama
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4613090
Tahun : 2017
Judul : Optimalisasi Penggunaan Alat Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bolavoli pada Siswa Kelas VII C SMP Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi - K4613090-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunardi, M.Kes
2. Ahmad Septiandika Adirahma, S.Pd., M.Or
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.