Penulis Utama : Ria Wulandhani
NIM / NIP : K7411127
×

ABSTRAK
    Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS 5 SMAN 8 Surakarta melalui penerapan model pembelajaran Guided Note Taking disertai media crossword.
    Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas XI IS 5 SMAN 8 Surakarta sebanyak 24 siswa. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kegiatan observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan teknik analisis deskriptif kualitatif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa  penerapan model pembelajaran Guided Note Taking disertai media Crossword dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas XI IS 5 mulai dari siklus I sampai siklus II. Motivasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 62,50% menjadi 83,33%. Hasil belajar spek kognitif terjadi peningkatan presentase dari siklus I ke siklus II yaitu 70,83% menjadi 87,50%. Aspek afektif pada siklus I sebesar 79,17% meningkat pada siklus II menjadi 83,33%. Sedangkan untuk aspek psikomotorik mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu 54,17% menjadi 79,17%.
Kata kunci: model guided note taking, media crossword, motivasi, hasil belajar ekonomi

 

×
Penulis Utama : Ria Wulandhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7411127
Tahun : 2017
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Guided Note Taking disertai Media Crossword dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Is 5 SMAN 8 Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi. Pendidikan Ekonomi - K7411127-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harini, M.Pd.
2. Dr. Dewi Kusuma Wardani, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.