Penulis Utama : Tri Wahyuni
NIM / NIP : K7413162
×

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan sistem ganda SMK Negeri 1 Karanganyar di Universitas Surakarta dan Kecamatan Tasikmadu; kendala yang dihadapi dan solusi dalam pelaksanaan pendidikan sistem   ganda   SMK   Negeri   1   Karanganyar   di   Universitas   Surakarta   dan Kecamatan Tasikmadu.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data berupa data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui  wawancara dan  observasi.  Data  sekunder  berasal  dari  buku panduan pendidikan sistem ganda SMK Negeri 1 Karanganyar, daftar nilai peserta didik, laporan kegiatan PSG peserta didik, dan perangkat program PSG lainnya. Teknik   pengambilan   subjek   penelitian   dipilih   secara   purposive   snowball sampling.  Teknik pengumpulan data dilaksanakan dengan wawancara terstruktur, tidak terstruktur, observasi dan analisis dokumen. Uji validitas data yang digunakan adalah trianggulasi sumber dan metode. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis model interaktif yang terdiri atas empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, pelaksanaan pendidikan sistem  ganda  SMK Negeri  1  Karanganyar  memiliki  tiga  tahapan  yaitu  tahap perencanaan,  tahap  pelaksanaan  dan  tahap  evaluasi.  Pada  tahap  perencanaan secara umum terdapat lima kegiatan yang dilakukan SMK Negeri 1 Karanganyar yaitu; (a) rekronstruksi kurikulum PSG;  (b) penjajakan; (c) penetapan peserta PSG; (d) penetapan guru pembimbing dan; (d) pembekalan. Tahap pelaksanaan yang dilakukan di Universitas Surakarta dan Kecamatan Tasikmadu terdiri atas tiga  kegiatan  yaitu;  (a)  penerimaan  peserta  didik;  (b)  monitoring  dan;  (c) penarikan peserta PSG oleh sekolah serta tahap terakhir yaitu evaluasi. Kedua, ditemukan kendala dalam pelaksanaan pendidikan sistem ganda SMK Negeri 1
Karanganyar di Universitas Surakarta dan Kecamatan Tasikmadu yaitu: (a) sarana dan prasarana yang berbeda; (b) kurangnya kepercayaan akan kemampuan peserta didik dan; (c) kurangnya kontribusi sekolah. Untuk mengatasi kendala yang ditemukan selama pelaksanaan pendidikan sistem ganda, solusi yang diberikan yaitu:  (a)  memberi  pelatihan  di  sekolah;  (b)  sekolah  meyakinkan  institusi pasangan   mengenai   kemampuan   yang   dimiliki   peserta   didik   dan;   (c) meningkatkan kontribusi sekolah.

Kata Kunci: Pendidikan Sistem Ganda, Studi Kasus, Kendala, Solusi

 

×
Penulis Utama : Tri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7413162
Tahun : 2017
Judul : Pelaksanaan Pendidikan Sistem Ganda SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017 (Studi Kasus di Universitas Surakarta dan Kecamatan Tasikmadu)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Prodi. Pendidikan Administrasi Perkantoran- K7413162-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Hery Sawiji, M.Si.
2. Dr. Tri Murwaningsih, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.