Penulis Utama : Anisah Kartika Putri
NIM / NIP : S841708002
×

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menjelaskan dan mendeskripsikan bentuk  dari  aspek  nilai  kearifan  lokal  dalam  kebudayaan  tradisional  teater makyung  “Cerita  Putri  Ratna”;  2)  menjelaskan  dan  mendeskripsikan  bentuk fungsi  dari  kebudayaan  tradisional  teater  makyung   dengan  masyarakat  di Sumatera Utara; 3) menemukan dan menjelaskan nilai kearifan lokal dalam teater makyung relevansinya dengan pembelajaran sastra di SMA.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan strategi studi  pustaka  yang  dilaksanakan  di  Sanggar  Teater  Tradisional  Sinar  Budaya Group dan  di SMA  Harapan  Bangsa.  Data penelitian ini diperoleh dari hasil analisis dokumen, observasi, dan wawancara. Validitas data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik analisis interaktif.
Hasil penelitian ini: 1) bentuk dari aspek nilai kearifan lokal dalam kebudayaan tradisional  teater makyung “Cerita Putri Ratna” melalui sembilan komponen, yaitu nilai kepemimpinan, nilai pengabdian, nilai tradisi dan kebudayaan, nilai sosial, nilai etika dan moral, nilai budi pekerti, nilai kepahlawanan dan keteladanan, nilai toleransi, nilai religius; 2) fungsi dari kebudayaan tradisional  teater makyung dengan  masyarakat di Sumatera Utara melalui  empat  komponen,  yaitu  teater  sebagai  media  upacara,  teater  sebagai media ekspresi, teater sebagai media hiburan,  teater sebagai media pendidikan; 3) relevansi nilai kearifan lokal dalam teater makyung dengan pembelajaran sastra di SMA.

Kata Kunci: kearifan lokal, teater tradisional, makyung, pembelajaran sastra diSMA

×
Penulis Utama : Anisah Kartika Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S841708002
Tahun : 2019
Judul : Nilai Kearifan Lokal dalam Teater Makyung Cerita Putri Ratna dan Relevansinya dengan Pembelajaran Sastra di SMA
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2019
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Indonesia
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia-S841708002-2019
Kata Kunci : kearifan lokal, teater tradisional, makyung, pembelajaran sastra diSMA
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Suyitno, M.Pd
2. Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum
Penguji :
Catatan Umum : Lamp unpublish
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.