Penulis Utama : Yogi Priambodo
NIM / NIP : F0313101
×

ABSTRAK

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh karakteristik pemerintah daerah dan hasil audit terhadap kinerja pemerintah daerah. Karakteristik pemerintah daerah dalam penelitian ini dijelaskan dengan ukuran pemerintah daerah, tingkat kekayaan daerah, tingkat ketergantungan terhadap pusat, dan belanja modal. Hasil audit dalam penelitian ini dijelaskan dengan  temuan  audit dan  opini audit. Kinerja pemerintah daerah dalam penelitian ini diukur dengan menggunakan skor kinerja pemerintah daerah dalam Laporan Hasil Evaluasi Pemeringkatan Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah yang dilakukan oleh Kementerian Dalam Negeri.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pemerintah daerah kabupaten atau kota di Indonesia pada tahun 2014. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Total sampel yang didapat dalam penelitian ini adalah
177 pemerintah daerah. Alat analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda dengan menggunakan aplikasi SPSS 20.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ukuran pemerintah daerah, tingkat kekayaan daerah, tingkat ketergantungan terhadap pusat, belanja modal, temuan audit, dan opini audit secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja pemerintah daerah. Variabel ukuran pemerintah daerah dan tingkat kekayaan daerah berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah, sedangkan variabel tingkat ketergantungan terhadap pusat, belanja modal, temuan audit, dan opini audit tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemerintah daerah.

Kata kunci: karakteristik pemerintah daerah, temuan audit, opini audit, kinerja pemerintah daerah, Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD).

 

×
Penulis Utama : Yogi Priambodo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F0313101
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Karakteristik Pemerintah Daerah dan Hasil Audit terhadap Kinerja Pemerintah Daerah (Studi pada Pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia tahun 2014)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FEB - 2017
Program Studi : S-1 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ekonomi dan Bisnis, Prodi. Akuntansi - F0313101-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sulardi, S.E., M.Si., Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.