Penulis Utama : Maya Novia Pramesthi
NIM / NIP : E0013271
×

 ABSTRAK
Penelitian hukum ini bertujuan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap anak korban eksploitasi seksual komersial di Yayasan KAKAK Surakarta serta hambatan-hambatan yang dihadapi Yayasan KAKAK selama memberikan perlindungan hukum terhadap anak korban eksploitasi seksual komersial.
Penelitian hukum ini termasuk jenis penelitian hukum empiris yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Jenis data penelitian yang digunakan dalam penelitian meliputi data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi lapangan dan studi kepustakaan, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif dengan model analisis interaktif.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa bentuk perlindungan hukum terhadap anak korban di Yayasan KAKAK Surakarta adalah berupa pendampingan represif dengan memberikan berbagai macam intervensi dan rehabilitasi. Perlindungan hukum yang dilakukan oleh Yayasan KAKAK Surakarta terhadap pemenuhan hak asasi anak korban eksploitasi seksual komersial dapat dikatakan telah sesuai Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 jo. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 jo. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2016 tentang Perlindungan Anak dan Peraturan Daerah Kota Surakarta Nomor 3 Tahun 2006 tentang Penanggulangan Eksploitasi Seksual Komersial. Hambatan-hambatan yang dihadapi oleh Yayasan KAKAK Surakarta berasal dari hambatan internal dan eksternal. Hambatan internal berasal dari anak korban eksploitasi seksual komersial dan dari Yayasan KAKAK Surakarta, sedangkan hambatan eksternal berasal dari keluarga, pelaku, masyarakat, dan pihak-pihak terkait.

Kata kunci : Anak Korban, Eksploitasi Seksual Komersial Anak, Yayasan KAKAK Surakarta

 

×
Penulis Utama : Maya Novia Pramesthi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : E0013271
Tahun : 2017
Judul : Perlindungan Hukum terhadap Anak Korban Eksploitasi Seksual Komersial di Yayasan Kakak Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Hukum - 2017
Program Studi : S-1 Ilmu Hukum
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Hukum, Prodi. Ilmu Hukum- E0013271-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Subekti, S.H., M.H
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Hukum
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.