Penulis Utama : Aditya Prayoga Gunawan
NIM / NIP : K4615003
×

Abstrak

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri tiga tahap dalam setiap siklusnya yang terdiri dari  perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono yang berjumlah 36 peserta didik yang terdiri atas 15 peserta didik putra dan 21 peserta didik putri. Teknik pengumpulan data dengan tes dan observasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik persentase.
Hasil analisis data pada siklus I diperoleh hasil belajar sebesar 36 peserta didik (100%) mencapai kriteria tuntas pada aspek kognitif, aspek psikomotor sebesar 18 peserta didik (50%) mencapai kriteria tuntas pada passing bawah sepak bola dan 18 peserta didik (50%) mencapai kriteria tuntas pada dribble sepak bola, sedangkan pada aspek afektif 2 peserta didik (6%) mendapat kategori Sangat Baik (A), 34 peserta didik (94%) mendapat kategori Baik (B). Pada siklus II diperoleh hasil belajar sebesar 36 peserta didik (100%) mencapai kriteria tuntas pada aspek kognitif, aspek psikomotor sebesar 30 peserta didik (83%) mencapai kriteria tuntas pada passing bawah sepak dan 30 peserta didik (83%) mencapai kriteria tuntas pada dribble sepak bola, sedangkan pada aspek afektif sebesar 36 peserta didik (100%) mendapat kategori  Baik (B).
Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan pedekatan bermain dapat  meningkatkan hasil belajar passing bawah dan dribble sepak bola pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2018/2019.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Passing Bawah, Dribble, Pendekatan Bermain.

 

×
Penulis Utama : Aditya Prayoga Gunawan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4615003
Tahun : 2019
Judul : Peningkatan Hasil Belajar Passing Bawah Dan Dribble Sepak Bola Melalui Pendekatan Bermain Pada Peserta Didik Kelas X Mipa 2 Sma Negeri 1 Banyudono Tahun Ajaran 2018/2019
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Keolahragaan - 2019
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Keolahragaan Jur.Pend Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K4615003-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Budhi Satyawan, M.Pd.,
2. Dr. Singgih Hendarto, S.Pd, M.Pd.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Keolahragaan
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.