Penulis Utama : Andrea Kartika Adji
NIM / NIP : B3216006
×

ABSTRAK

Laporan Tugas Akhir ini mengkaji tentang Pengembangan Paket Wisata Perdesaan di Desa Wisata Nglanggeran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perencanaan, aktivitas dan kendala yang dihadapi terhadap Paket Wisata Perdesaan di Desa Wisata Nglanggeran serta usaha pengembangannya. 

Penulisan laporan ini menggunakan metode deskriptif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan “Paket Wisata Perdesaan Desa Wisata Nglanggeran”. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, studi dokumen, dan studi kepustakaan. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dan disajikan secara deskriptif.

Hasil dalam penelitian ini adalah paket wisata perdesaan memiliki serangkaian aktivitas Perdesaan yang variatif di dalamnya. Aktivitas tersebut antara lain adalah belajar budi daya coklat, belajar olahan coklat, belajar tanam padi, membajak sawah, Permainan Sepak Bola Lumpur, Belajar Membatik Topeng, Belajar Kreasi dari Janur, belajar membuat kerajinan layang-layang, Treeking Gunung Api Purba, Sunset di Embung Nglanggeran, belajar tarian tradisional, belajar karawitan, Treeking Air Terjun Kedung Kandang, edukasi jahe, Flying Fox, malam keakraban, belajar olahan susu kambing, Kendurian, dan Tinggal di Homestay bersinergi dengan pemilik homestay. Di sisi lain ternyata paket perdesaan tersebut memiliki beberapa kendala terkait perencanaan, ketika operasional berlangsung serta pasca kegiatan yang seringkali ditemui pada saat penyelenggaraan kegiatan tersebut.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul memiliki kekayaan alam, budaya, hasil buatan, kuliner, kerajinan, dan dijadikan sebagai peluang untuk dikelola menjadi paket wisata perdesaan. Paket wisata perdesaan tersebut antara lain belajar budi daya coklat, belajar olahan coklat, belajar tanam padi, membajak sawah, Permainan Sepak Bola Lumpur, Belajar Membatik Topeng, dll. Disisi lain paket ini perlu adanya beberapa usaha pengembangan seperti pembuatan spot untuk jaringan internet, pemberlakuan sistem Rewarding untuk menambah intensitas rapat dan intensitas wisatawan maupun pemilik homestay, standarisasi fasilitas homestay terutama Wifi dan AC, pembangunan toko souvenir, pemutaran musik khas perdesaan, pembuatan papan informasi wisata dan keselamatan keamanan, pembuatan video sebagai media untuk promosi, dan pemberian kenang-kenangan kepada kisatawan seusai kegiatan perdesaan.

Kata Kunci: Pengembangan Paket Wisata Perdesaan, Desa Wisata Nglanggeran, Yogyakart

×
Penulis Utama : Andrea Kartika Adji
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : B3216006
Tahun : 2019
Judul : Pengembangan Paket Wisata Perdesaan di Desa Wisata Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ilmu Budaya - 2019
Program Studi : D-3 Usaha Perjalanan Wisata
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ilmu Budaya Usaha Perjalanan Wisata-B3216006-2019
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr.Deria Adi Wijaya, S.ST.Par., M.Sc,
2. Yusana Sasanti Dadtun, S.S., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.