Penulis Utama : Abdurrahman Azzam
NIM / NIP : G0014002
×

ABSTRAK

 

Latar Belakang: Pola makan vegetarian merupakan pola makan yang tidak mengkonsumsi daging hewan. Orang yang menjalankan pola makan vegetarian beresiko untuk mengalami kekurangan beberapa nutrisi seperti protein, zat besi, dan vitamin B12. Kekurangan nutrisi-nutrisi tersebut dapat mengganggu fungsi dan kinerja otak yang dapat mempengaruhi kemampuan kognitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pola makan vegetarian dengan kemampuan kognitif.


Metode Penelitian: Jenis penelitian adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilaksanakan di SMP Advent Surakarta dengan subjek penelitian yaitu siswa SMP Advent Surakarta yang mempraktekkan pola makan vegetarian dengan jumlah 35 orang. Pola makan vegetarian dinilai menggunakan formulir Food Frequency Questionnaire (FFQ) dan food recall 24 jam sedangkan kemampuan kognitif diukur menggunakan Raven’s Standard Progressive Matrices. Hasil dianalisis menggunakan uji One Way ANOVA dan uji Chi-Square.


Hasil Penelitian: Penelitian ini menemukan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan kognitif berdasarkan jenis vegetarian (p=0,294) dan tidak  terdapat  hubungan  yang  signifikan  antara  kemampuan  kognitif  dengan asupan protein (p=0,531), zat besi (p=0,784), dan  vitamin B12 (p= 0,879).

Simpulan:   Tidak   terdapat   hubungan   yang   signifikan   antara   pola   makan vegetarian dengan kemampuan kognitif.


Kata Kunci : Pola makan vegetarian, kemampuan kognitif

 

×
Penulis Utama : Abdurrahman Azzam
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014002
Tahun : 2018
Judul : Hubungan Antara Pola Makan Vegetarian dengan Kemampuan Kognitif
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2018
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. Kedokteran- G0014002-2018
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Widardo, M.Sc.
2. DR. Budiyanti Wiboworini, dr., M.Kes., Sp.GK.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.