Penulis Utama : Andini Listyani
NIM / NIP : R0014004
×


ABSTRAK

Latar Belakang : PT. Coca Cola Amatil Indonesia merupakan perusahaan manufaktur di Indonesia yang memproduksi beberapa jenis minuman botol. Pada area produksi line 4 PT. Coca Cola Amatil Indonesia terdapat beberapa sumber energi berbahaya yang harus dikendalikan yang bertujuan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja dan melindungi keselamatan terhadap tenaga kerja ketika melakukan perbaikan atau pemeliharaan mesin-mesin dari bahaya operasi maka salah satu pengendaliannya dengan penerapan Lock Out Tag Out (LOTO).

Metode : Jenis penelitian observasional dengan metode deskriptif. Penelitian dilakukan dengan observasi lapangan untuk membandingkan dengan standar OHSA. Peraturan dan teori mengenai penerapan Lock Out Tag Out (LOTO) pada area produksi line 4 sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di PT. Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya Plant. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan cara observasi lapangan, wawancara dan studi kepustakaan.

Hasil : Upaya pengendalian energi pada area produksi line 4 PT. Coca Cola Amatil Indonesia dengan penerapan sistem LOTO yang meliputi identifikasi dengan HIRARC; pengendalian bentuk dan sumber energi missal energi listrik dengan menonaktifkan listrik pada breaker; serta energi kimia, hidrolik dan pneumatic dikenadlikan dengan penggunaan valve manual; pelaksanaan LOTO; prosedur  LOTO berupa  Hazardous  Energy Control  Requirement;  penanggung jawab dari pelaksanaan LOTO adalah pihak operator; peralatan LOTO yang ada berupa Lock dan Tag; serta program terkait LOTO berupa inspeksi berkala dan training bagi tenaga kerja.

Simpulan : Penerapan LOTO pada area produksi line 4 PT. Coca Cola Indonesia secara umum telah memenuhi peraturan yang berlaku namun ada beberapa yang belum optimal sehingga perlu dilakukan tindakan perbaikan.

 

Kata  Kunci  :  Lock  Out  Tag  Out  (LOTO),  Hazardous  Energy  Control
Requirement, Penerapan LOTO

 

×
Penulis Utama : Andini Listyani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0014004
Tahun : 2017
Judul : Gambaran Penerapan Lock Out Tag Out pada Area Produksi Line 4 sebagai Upaya Pencegahan Kecelakaan Kerja di PT Coca Cola Amatil Indonesia Surabaya Plant
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : D-3 Hiperkes
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. DIII Hiperkes dan Keselamatan Kerja - G0014029-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Yeremia Rante Ada' ,S.Sos.,M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.