Penulis Utama : Arum Krisnani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R1116008
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Antara Tingkat Pengetahuan Suami Tentang Gender dan Sikap Suami dalam Pemilihan Metode Kontrasepsi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. DIV Bidan Pendidik - R1116008-2017
Subyek : GENDER, PENGETAHUAN, KONTRASEPSI, SIKAP, SUAMI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK
Arum Krisnani. R1116008. 2017. Hubungan antara Tingkat Pengetahuan Suami Tentang Gender dan Sikap Suami dalam Pemilihan Metode Kontrasepsi. Program Studi DIV Bidan Pendidik Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Latar Belakang: Salah satu misi dari program “Keluarga Berkualitas Tahun 2015” menekankan pentingnya upaya menghormati hak-hak reproduksi dan kesetaraan gender untuk  meningkatkan kualitas keluarga.  Namun pencapaian kesetaraan gender di Kota Surakarta salah satunya partisipasi pria dalam penggunaan metode kontrasepsi belum maksimal. Padahal, suami sebagai kepala keluarga memiliki peran penting dalam kesehatan reproduksi perempuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara tingkat pengetahuan suami tentang  gender dan sikap  suami dalam pemilihan metode kontrasepsi.

Metode: Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskripif analitik dengan pendekatan Cross Sectional, dengan variabel bebas yaitu tingkat pengetahuan  suami tentang gender dan variabel terikatnya adalah sikap suami dalam pemilihan metode kontrasepsi. Penelitian dilakukan di Kelurahan Pucangsawit, Jebres, Kota Surakarta. Jumlah sampel responden yang digunakan yaitu 95 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah divalidasi terlebih dahulu. Kemudian data dianalisis menggunakan SPSS 21.0 dengan uji statistik Lamda.

Hasil: Hasil penelitian diketahui bahwa dari 95 responden (suami) yang memiliki pengetahuan baik tentang gender sebesar 77 responden (81,1%), dan yang memiliki sikap positif dalam pemilihan metode kontrasepsi sebesar 49 responden (51,6%). Hasil uji statistik menggunakan Lambda menunjukkan adanya hubungan bermakna antara variabel bebas dan terikat dengan p value sebesar 0,003 dan nilai r sebesar 0,261 yang menunjukkan kekuatan hubungan yang cukup dan arah korelasi yang positif.

Simpulan: Terdapat hubungan bermakna antara tingkat pengetahuan suami tentang  gender dan sikap suami dalam pemilihan metode kontrasepsi. Semakin tinggi tingkat pengetahuan suami tentang gender, semakin positif sikap suami dalam pemilihan metode kontrasepsi.

Kata Kunci: Gender, Pengetahuan, Kontrasepsi, Sikap, Suami

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Pernyataan persetujuan publikasi.pdf
HALAMAN.pdf
BAB (1).pdf
BAB (2).pdf
BAB (3).pdf
BAB (4).pdf
BAB (5).pdf
BAB (6).pdf
DAFTAR PUSTAKA.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ika Sumiyarsih,S.SiT;M.Kes
2. Erindra Budi C.,S.Kep.,M.Kes
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran