Penulis Utama : Elga Zuherli
NIM / NIP : G0014081
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Daun sirsak (Annona muricata L.) mengandung senyawa reticulin yang memiliki efek penurunan tekanan darah melalui mekanisme Calcium Channel Blockers (CCB)  dan buah sirsak mengandung senyawa fenol yang juga memberikan efek penurunan tekanan darah melalui mekanisme Angiotensin Converting Enzym-Inhibitors (ACEI). Hal ini menunjukkan bahwa ekstrak daun sirsak dan buah sirsak memiliki efek penurunan tekanan darah dengan cara kerja yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas pemberian ekstrak daun sirsak dan buah sirsak terhadap penurunan tekanan darah pada tikus putih jantan yang diinduksi larutan NaCl 8 %.

Metode Penelitian: Penelitian ini bersifat eksperimental laboratorik dengan posttest only control group design. Subjek penelitian yaitu 30 ekor tikus putih jantan, galur Wistar berumur 2-3 bulan dengan berat badan 150-200 gram. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling yang dilanjutkan dengan simple random sampling. Subjek dibagi menjadi 5 kelompok secara random, masing-masing kelompok terdiri dari 6 tikus putih. Sebelum perlakuan tikus akan diadaptasi selama 7 hari kemudian diinduksi dengan larutan NaCl 8 % sebanyak 3 ml perhari selama 14 hari. Setelah itu tikus dipuasakan selama 18 jam sebelum perlakuan, tetapi induksi dan pemberian air minum tetap dilanjutkan. Kelompok kontrol negatif diberi aquadest 5 ml/100 g BB, kelompok ekstrak daun sirsak dosis I (6 mg/200 g BB), kelompok ekstrak daun sirsak dosis II (9 mg/200 g BB), kelompok jus buah sirsak dosis I (2,4 ml/200 g BB) dan kelompok jus buah sirsak dosis II (3,6 ml/200 g BB). Pengukuran tekanan darah pada semua kelompok dilakukan sebelum perlakuan pasca induksi dan setelah perlakuan.

Hasil Penelitian: Uji analisis One Way ANOVA  menunjukkan nilai P = 0,631 pada tekanan darah sistolik dan P = 0,526 pada tekanan darah diastolik. Hasil ini menunjukkan tidak terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara pemberian ekstrak daun sirsak dan buah sirsak terhadap penurunan tekanan darah.

Simpulan: Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan efektivitas yang signifikan antara pemberian ekstrak daun sirsak dan buah sirsak terhadap penurunan tekanan darah pada tikus putih model hipertensi.

Kata kunci: Ekstrak daun sirsak, buah sirsak, perbedaan efek penurunan tekanan darah, hipertensi.

 

×
Penulis Utama : Elga Zuherli
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014081
Tahun : 2017
Judul : Perbedaan Efektivitas Pemberian Ekstrak Daun Sirsak dan Buah Sirsak terhadap Penurunan Tekanan Darah pada Tikus Putih Model Hipertensi
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. Kedokteran- G0014081-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jarot Subandono, dr, M.Kes.
2. Martini, Dra, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.