Penulis Utama : Liswindio Apendicaesar
NIM / NIP : G0010115
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Depresi merupakan gangguan psikologis yang dicirikan dengan perasaan sedih, perasaan tidak berguna, kehilangan, hilang harapan, perasaan bersalah patologis. Pola asuh orang tua merupakan faktor penting yang sangat mempengaruhi keadaan depresi pada remaja, baik itu menjadi faktor yang mencegah ataupun yang menyebabkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur hubungan antara pola asuh orang tua yang dipersepsikan oleh anak dengan tingkat depresi pada remaja.

Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pendekatan studi potong lintang (cross sectional). Subjek yang dipilih berasar dari sebuah Sekolah Menengah Atas swasta di Jakarta. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah survey sampling dengan tipe probability sampling. Dengan total populasi sebanyak 489, dibutuhkan 84 subjek dalam penelitian ini. Total kuesioner yang kembali adalah sebanyak 117, dan 30 subjek dieksklusikan sehingga data yang digunakan adalah 87 subjek.

Hasil Penelitian: Uji Lambda diperoleh nilai 0,049 (p = 0,563) dan Chi-square diperoleh X2 hitung sebesar 19,793 dan X2 tabel sebesar 16,919 (untuk nilai signifikansi p < 0 xss=removed>

Simpulan Penelitian: Terdapat hubungan yang signifikan antara pola asuh orang tua yang dipersepsikan oleh anak dengan tingkat depresi pada remaja.

Kata Kunci: Depresi, Pola Asuh Orang Tua, Remaja.

 

×
Penulis Utama : Liswindio Apendicaesar
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0010115
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Pola Asuh Orang Tua yang Dipersepsikan oleh Anak dengan Tingkat Depresi pada Remaja di Sekolah Menengah Atas Kanisius Jakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. Kedokteran- G0010115-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Istar Yuliadi, dr., MSi., FIAS
2. Kusmadewi Eka Damayanti, dr., MGizi
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.