Penulis Utama : Mariyah Mustaqimah
NIM / NIP : G0014150
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Cakupan Air Susu Ibu (ASI) eksklusif di Indonesia masih jauh dari yang diharapkan hal ini salah satunya dikarenakan ibu yang bekerja dan sulit memberikan ASI kepada anaknya padahal ASI eksklusif mengandung bahan yang tidak ditemukan di susu formula. Bahan tersebut dapat mengurangi risiko terjadinya alergi pada anak, salah satunya rinitis alergi yang merupakan peradangan pada lapisan mukosa hidung oleh paparan alergen. Hal ini dapat mengganggu aktivitas sehari-hari anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kejadian rinitis alergi pada anak dengan air susu ibu eksklusif dan susu formula.
Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan case control. Penelitian dilakukan pada bulan November 2017. Subjek penelitiannya adalah anak usia 3-6 tahun yang merupakan murid TK/KB di Kecamatan Jebres bersama dengan wali murid. Teknik sampling yang digunakan adalah dengan consecutive sampling setiap sampel yang memenuhi kriteria penelitian dimasukkan ke dalam penelitian sampai kurun waktu tertentu, sehingga didapatkan jumlah sampel sebanyak 60. Semua data diperoleh dengan menggunakan kuesioner yang kemudian dianalisis dengan uji Chi-Square.
Hasil Penelitian: Kejadian rinitis alergi pada anak dengan riwayat pemberian ASI eksklusif lebih rendah dari pada anak dengan riwayat pemberian susu formula karena didapatkan hasil yang signifikan (p = 0,001) berdasarkan hasil uji Chi-square. Kejadian rinitis alergi pada anak dengan riwayat pemberian susu formula 6,571 kali lebih besar dibandingkan anak dengan riwayat pemberian ASI eksklusif (Odds Ratio = 6,571, 95% IK =  2,109 – 20,479). Dengan demikian, hipotesis pada penelitian ini diterima.
Simpulan Penelitian: Kejadian rinitis alergi pada anak dengan pemberian air susu ibu eksklusif lebih kecil dibandingkan dengan susu formula.
Kata Kunci: rinitis alergi, ASI eksklusif, susu formula, perbandingan.

 

×
Penulis Utama : Mariyah Mustaqimah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014150
Tahun : 2017
Judul : Perbandingan Kejadian Rinitis Alergi pada Anak dengan Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif dan Susu Formula
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. Kedokteran- G0014150-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Putu Wijaya K, dr., Sp.THT-KL(K)
2. Dewi Pratiwi, dr., Sp.THT-KL, M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.