Penulis Utama : Muh. Arif Wira Bahari
NIM / NIP : G0014160
×

ABSTRAK

Latar Belakang: Asma merupakan penyakit inflamasi jalan nafas  yang bersifat kronik yang merupakan salah satu penyebab kematian dan kesakitan tertinggi di Indonesia. Oleh karena itu, diperlukan sebuah tatalaksana untuk mengurangi kesakitan dan kematian akibat asma, salah satunya  yang dapat menjadi alternatif ialah kafein.

Kafein sendiri memiliki zat kimia theophylline yang memiliki efek sebagai bronkodilator sehingga dapat digunakan sebagai salah satu terapi asma yang dapat meningkatkan derajat kontrol asma. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara   konsumsi kafein dengan derajat kontrol asma pada pasien asma di RSUD Dr. Moeward.

Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Subyek yang digunakan adalah penderita asma yang berobat jalan di klinik Paru RSUD Dr. Moewardi. Subyek penelitian mengisi kuesioner mengenai konsumsi kafein dan derajat kontrol asma. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik accidental sampling sebanyak 50 responden.Data yang didapat dianalisis menggunakan uji normalitas data shapiro wilk dan uji korelasi pearson.

Hasil : Hasil analisis pada 42 sampel penelitian, hasil uji normalitas dengan uji shapiro wilk bahwa skor Asthma Control Test (ACT) terdistribusi normal dengan p= 0,331 dan skor Food Frequency Questionnaire (FFQ) terdistribusi normal dengan  p=  0,165.  Dengan  uji  hipotesis  non-parametrik,  yakni  uji  korelasi pearson’s didapatkan hasil p= 0,004 yang mana menunjukkan hasil bahwa antara konsumsi kafein dengan derajat kontrol asma terdapat korelasi yang bermakna secara statistik antara keduanya, dengan nilai r= 0,464 yang mana hal tersebut menunjukkan bahwa antara konsumsi kafein dengan derajat kontrol asma terdapat korelasi yang bernilai positif dan nilai korelasi lemah. Hasil ini sudah mengontrol variabel perancu yaitu penyakit lain, alkohol, merokok, kehamilan, dan obat- obatan.

Simpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara konsumsi kafein dengan derajat kontrol asma pada pasien asma dewasa dengan hubungan korelasi positif dan kekuatan korelasi lemah.

Kata Kunci : Konsumsi Kafein, Derajat Kontrol Asma.

 

×
Penulis Utama : Muh. Arif Wira Bahari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014160
Tahun : 2017
Judul : Hubungan Konsumsi Kafein dengan Derajat Kontrol Asma pada Pasien Asma Dewasa
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. Kedokteran- G0014160-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Jatu Aphridasari, dr., Sp.P.(K), FISR
2. Widardo, Drs., M.Sc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.