Penulis Utama : Propana Yuananti
NIM / NIP : G0014187
×

ABSTRAK

Propana Yuananti, G0014187, 2017. Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Depresi dan Kecemasan Caregiver Skizofrenia di RSJD Surakarta. Skripsi. Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret.

Latar   Belakang:   Berbagai   beban   dan   tugas   menjadi   caregiver   dapat memengaruhi  kesehatan  mental  caregiver.  Banyak  penelitian  yang mengungkapkan depresi dan kecemasan terjadi pada caregiver penyakit mental kronis. Dukungan sosial diketahui dapat menimbulkan efek protektif bagi kesehatan mental. Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui apakah ada pengaruh dukungan sosial terhadap depresi dan kecemasan caregiver skizofrenia di RSJD Surakarta.

Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian observasional analitik dengan pendekatan case control. Subjek yang digunakan adalah caregiver skizofrenia yang mengantar di poli rawat jalan RSJD Surakarta. Subjek penelitian mengisi kuesioner Multidimensional Scale of Perceived Social Support (MSPSS) dan Depression Anxiety and Stress Scale (DASS). Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sebanyak 174 responden.  Data depresi dan kecemasan diambil dari 25% dukungan sosial tertinggi dan 25% dukungan sosial terendah, kemudian dianalisis menggunakan uji komparatif Mann Whitney. Pengaruh dukungan sosial terhadap depresi dan kecemasan juga diuji dengan uji regresi linier sederhana.

Hasil : Hasil uji Mann  Whitney menunjukkan nilai p=0,044 untuk perbedaan depresi  dan  nilai  p=0,034  untuk  perbedaan  cemas.  Hasil  uji  regresi  linier sederhana menunjukkan  nilai R Square = 0,009 dan p=0,208 untuk pengaruh dukungan sosial terhadap depresi dan nilai R Square = 0,005 dan p=0,343 untuk pengaruh dukungan sosial dengan kecemasan.

Simpulan : Terdapat pengaruh dukungan sosial yang bermakna (p<0>

Kata Kunci : Skizofrenia, Caregiver, MSPSS, Dukungan Sosial, DASS.

 

×
Penulis Utama : Propana Yuananti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : G0014187
Tahun : 2017
Judul : Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Depresi dan Kecemasan Caregiver Skizofrenia di RSJD Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Kedokteran - 2017
Program Studi : S-1 Pendidikan Dokter
Kolasi :
Sumber : UNS-F.Kedokteran. Prodi. Kedokteran - G0014187-2017
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Rohmaningtyas H.S., dr., Sp.KJ., M.Kes
2. Sigit Setyawan, dr., M.Sc
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.